Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aturan Membereskan Barang dan Mengatur Rumah Menurut Ahli

Kompas.com - 11/01/2023, 12:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada rumah yang sempurna dan bebas berantakan. Kekacauan selalu saja muncul dan menjadi tanda dari ruang yang ditinggali.

Meski demikian, bukan berarti membiarkan kekacauan tersebut. Bagaimanapun ruangan haru dirapikan dan dibereskan. Luangkan waktu dan energi untuk menata dan membereskan ruang.  

Baca juga: 6 Kegiatan Membersihkan Rumah yang Harus Dilakukan Tiap Hari

Mengatur rumah tidak hanya menghasilkan hunian yang lebih rapi dan efisien, tapi juga lebih menyenangkan serta santai ditinggali. 

Namun, mengatur rumah bisa menjadi proses sulit dan tergantung pada keadaan rumah Anda, mungkin susah mengetahui dari mana harus memulainya. 

Nah, untuk membantu Anda, berikut aturan membereskan barang dan mengatur rumah yang harus diikuti menurut para ahli dikutip dari My Domaine, Rabu (11/1/2023). 

Baca juga: 7 Benda yang Kerap Terlewatkan Saat Membersihkan Rumah   

Bersikap realistis

Ilustrasi merapikan dapur, merapikan lemari dapur. SHUTTERSTOCK/ARTURS BIDKEVICZ Ilustrasi merapikan dapur, merapikan lemari dapur.
Jika kewalahan dengan kondisi penyimpanan ruang bawah tanah atau dapur, wajar jika Anda berharap menghabiskan waktu untuk mengaturnya guna menghasilkan perubahan 180 derajat. Masalahnya adalah butuh waktu mengembalikan semuanya kembali teratur.

Sebelum memulai proyek apa pun, Ben Soreff dari H2H Organizing menyarankan bersikap serealistis mungkin tentang berapa banyak waktu yang dapat didedikasikan untuk proyek tersebut sehingga tidak berakhir lebih kewalahan daripada pada awal.

Selain itu, mengidealkan berapa banyak yang bisa diselesaikan dalam jangka waktu tertentu (atau berharap untuk hasil akhir sempurna) hanya akan mengecewakan Anda dan menghilangkan motivasi untuk menyelesaikan apa yang dimulai. 

Baca juga: 10 Cara Menggunakan Lemon untuk Membersihkan Rumah 

Bagi beberapa tugas

Selanjutnya, aturan membereskan barang dan mengatur rumah adalah membaginya menjadi beberapa tugas daripada mencoba mengatur seluruh rumah. 

"Jangan mengeluarkan semuanya dari lemari, kemudian dengan cepat memasukkannya kembali ketika telepon berdering untuk keadaan darurat pekerjaan, meninggalkannya lebih buruk daripada tidak 'membersihkannya'," kata Soreff.

Mulailah membuat daftar segala sesuatu yang ingin diselesaikan, kemudian pecahkan daftar utama itu menjadi tugas-tugas yang lebih kecil.

Soreff merekomendasikan menyetel timer dan fokus pada sesi 15 menit yang ditujukan untuk tujuan tertentu seperti menangani laci sampah atau membersihkan satu rak di dapur. 

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Lemon dan Cuka Putih untuk Membersihkan Rumah 

Bereskan dulu

Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.Shutterstock/Kostikova Natalia Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.
Meski tergoda keluar dan berbelanja secara royal tempat penyimpanan, Caroline Solomon, organisator profesional yang berbasis di New York City, Amerika Serikat, mengatakan penting membersihkan kekacauan sebelum berinvestasi dalam produk organisasi.

"Kekacauan mencegah Anda menghargai barang-barang yang benar-benar dinikmati dan hargai sambil melanggengkan siklus ruang yang tidak teratur," ujarya.

Ketika menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi berguna, Anda lebih mungkin menjaga ruang yang rapi dan teratur. 

Halaman:
Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com