Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Cara Mengetahui Berat Badan Kucing yang Ideal

Kompas.com - 20/12/2022, 15:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bulu sehingga sulit mengidentifikasi apakah kucing kelebihan berat badan atau tidak.

Banyak pemilik kucing tidak menyadari bahwa sahabat bulu mereka kelebihan berat badan atau obesitas. Padahal, obesitas berdampak buruk pada kesehatan kucing. 

Baca juga: Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Mata pada Kucing Peliharaan

Berat badan seekor kucing bisa beragam, tetapi sebagian besar beratnya harus sekitar empat sampai lima kilogram.

Untuk membantu menentukan berat badan ideal kucing dan menilai kesehatannya secara keseluruhan, dokter hewan akan melihat sedikit lebih dalam dari sekadar angka pada timbangan.

Sama dengan manusia yang biasanya dievaluasi menggunakan BMI (indeks massa tubuh), dokter hewan juga menggunakan hal serupa untuk mengevaluasi berat badan kucing, yang disebut sistem body condition skor (BCS). 

Meski ada beberapa sistem di luar sana, sebagian besar dokter hewan menggunakan sistem 1-9. Ini adalah sesuatu yang dapat Anda pelajari dengan cepat sehingga bisa mengevaluasi berat badan kucing peliharaan.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Infeksi Mata pada Kucing

Ilustrasi kucing obesitas, ilustrasi kucing gemuk.SHUTTERSTOCK / Dennis van de Water Ilustrasi kucing obesitas, ilustrasi kucing gemuk.
BCS tidak bergantung pada ukuran sebenarnya dari kucing, seberapa berotot tubuhnya, bahkan seberapa banyak bulu yang dimiliki.

Sementara dokter hewan akan melakukan analisis semua tubuh kucing peliharaan untuk menentukan BCS mereka.

Ada beberapa cara mengevaluasi berat badan kucing, baik secara fisik maupun visual, untuk mendapatkan gambaran umum tentang kemungkinan BSC mereka.  

Berat badan kucing memiliki tiga kategori, yakni sehat, berat badan kurang, dan kegemukan. Dokter hewan akan menentukan tingkat keparahan dengan memberikan BCS spesifik dari satu hingga sembilan.

Berikut uraian mengevaluasi berat badan kucing dan apa karakteristiknya untuk setiap kategori.

Baca juga: Ragam Makanan Natal yang Boleh dan Harus Dihindari Kucing Peliharaan

Berat kucing sehat: BCS lima

BCS yang ideal untuk kucing adalah lima. Kucing dengan BCS lima akan memiliki campuran sempurna dari sedikit "cadangan" lemak tanpa menyebabkan masalah kesehatan.

Jika dilihat dari samping, kucing dengan berat badan ideal akan memiliki "selip" kecil tepat di pertemuan perut dan area pinggul. Dengan kata lain, perut tidak tertarik ke lantai.

Ketika perut dipegang, seharusnya dalam keadaan kencang dan akan benar-benar melengkung ke atas untuk bertemu dengan kaki belakangnya.

Saat melihat dari atas, Anda dapat melihat lekukan kecil atau pinggang "angka delapan" tepat di depan pinggul.

Halaman:
Sumber Pet MD
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com