Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Kucing Menunjukkan Cinta kepada Pemiliknya

Kompas.com - 20/12/2022, 22:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing dapat menunjukkan perasaan dan rasa cintanya seperti halnya manusia. Namun, cara kucing menunjukkan cinta berbeda dengan manusia. 

Di dunia kucing, ada banyak cara sahabat bulu mengekspresikan diri. Misalnya, untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang, kucing akan mendengku dan berguling telentang.

Nah, berikut cara kucing menunjukkan cinta kepada pemiliknya dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (20/12/2022). 

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Tinggal di Apartemen

Mendengkur

Ilustrasi kucing.SHUTTERSTOCK / masik0553 Ilustrasi kucing.

Cara paling jelas dan umum kucing menunjukkan kebahagiaan serta cinta mereka adalah mendengkur. Kucing tampaknya memiliki motor kecil khusus di dalam dirinya yang mulai bekerja saat mereka bersantai dan menikmati sesuatu.

Anda akan sering mendengar suara gemuruh dan bergetar ini saat membelai kucing. Mendengkur juga bisa mengartikan kucing kesal, tetapi itu tidak biasa.

Bergulir 

Selanjutnya, cara kucing menunjukkan cinta kepada pemiliknya adalah berguling-guling di tanah. Ini juga berarti kucing peliharaan senang melihat Anda.

Kucing mungkin berjalan atau berlari ke arah Anda, lalu menjatuhkan diri ke tanah, dan mulai berguling-guling.

Ini adalah sapaan yang penuh kasih dan berarti kucing menginginkan perhatian Anda, terutama jika sahabat bulu menunjukkan perutnya. 

Baca juga: 10 Nama Kucing Terpopuler dan Teratas Sepanjang 2022 

Bunting

Bunting adalah saat kucing menggosokkan pipinya ke Anda atau benda, membenturkan kepala Anda dengan dahinya, atau menggosokkan kepalanya ke arah Anda.

Ini adalah cara kucing meninggalkan aroma tubuhnya pada Anda sekaligus menandai wilayahnya. Kucing melakukan ini saat mereka menyukai sesuatu atau seseorang. Kucing juga melakukan bunting pada hewan peliharaan lain atau manusia favoritnya. 

Mencakar 

Ilustrasi kucing mencakar sofaUNSPLASH/ Ergita Sela Ilustrasi kucing mencakar sofa
Mencakar meninggalkan tanda kepemilikan yang beraroma dan visual pada kucing. Perhatikan tempat kucing peliharaan paling sering mencakar. Area yang paling penting bagi seekor kucing sering dikaitkan dengan pemiliknya. 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Kucing Peliharaan

Berburu dan memberi hadiah mangsa

Kucing adalah karnivora kecil yang masih memiliki naluri berburu meski telah dijinakan. Kucing dapat menangkap apa saja, dari mainan hingga tikus, dan sering berbagi hadiah mangsa tersebut kepada orang yang disayangi.

Dengan memberikan hasil tangkapan mangsa, ini menjadi cara kucing menunjukkan cinta kepada pemiliknya. 

Mengajak bermain

Anak kucing bermain karena kesenangan murni dan teman bermain favorit mereka biasanya adalah teman yang dipercaya serta dicintai.

Beberapa kucing benar-benar mengontrol interaksi dengan bergerak di luar jangkauan sehingga Anda terpaksa mendatanginya dan mulai bermain. 

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Membuat Kucing Peliharaan Pergi dari Rumah 

Tidur di pangkuan pemilik

Kucing biasanya tidur hingga 16 jam sehari. Karena paling rentan saat tidur, tempat tidur yang dipilih kucing peliharaan harus berada di lokasi yang aman dan tepercaya.

Tidak ada pujian yang lebih penuh kasih daripada kucing yang memilih pangkuan Anda sebagai tempat tidur favoritnya. Ini juga menjadi ara kucing menunjukkan cinta kepada pemiliknya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com