Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Abai, Ini 4 Alasan Perlu Memperbarui Sistem Kelistrikan Rumah

Kompas.com - 03/01/2023, 12:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Listrik telah menjadi kebutuhan krusial dalam kehidupan. Keberadaan listrik di rumah tak hanya memberi kenyamanan, tapi juga memudahkan hidup. 

Listrik dengan setia melayani semua yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia, dari menerangi rumah, menjaga rumah tetap dingin atau hangat, hingga memberi daya pada semua peralatan elektronik yang digunakan sehari-hari. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Keamanan Listrik di Rumah

Meski demikian, masih banyak orang yang mengabaikan sistem kelistrikan di rumah setidaknya sampai terjadi kesalahan.

Misalnya, ketika sistem kelistrikan rumah tiba-tiba mati, saat itulah orang mulai memperhatikan dan mencoba mencari cara memperbaikinya. 

Padahal, membiarkan masalah kelistrikan di rumah dapat menyebabkan risiko kebakaran, tersentrum, dan biaya perbaikan lebih mahal dibanding mengatasinya lebih awal. 

Karena itu, perlu memperhatikan kondisi sistem listrik di rumah dan memperbaruinya. Nah, dilansir dari Homee, Selasa (3/1/2023), berikut sejumlah alasan perlu memperbarui sistem kelistrikan di rumah. 

Baca juga: Catat, Ini Suhu AC Terbaik untuk Menghemat Biaya Listrik

Membawa sistem kelistrikan rumah sesuai kode bangunan 

Ilustrasi meteran listrik konvensional yang bakal digantikan dengan Smart Meter PLN.Shutterstock/Sunshine Studio Ilustrasi meteran listrik konvensional yang bakal digantikan dengan Smart Meter PLN.
Kode bangunan dapat bervariasi dari satu tahun ke tahun berikutnya dan standar keselamatan baru mungkin telah diterapkan sejak sistem kelistrikan rumah Anda dipasang atau diperbarui terakhir kali.

Melakukan peningkatan kelistrikan dapat membantu mengembalikan kabel rumah sesuai dengan kode bangunan saat ini.

Ini sangat penting jika Anda bersiap menyewakan atau menjual rumah kepada orang lain. Pelanggaran kode bangunan seperti sistem kelistrikan yang sudah ketinggalan zaman dapat menghalangi penyelesaian perjanjian penjualan atau sewa.

Jika sudah lebih dari 10 tahun sejak sistem kelistrikan terakhir kali ditingkatkan atau dipasang, mungkin perlu ditingkatkan jika mencoba menjual rumah. 

Baca juga: 7 Tanda Listrik di Rumah Bermasalah, Bisa Berisiko Kebakaran

Mencegah bahaya kebakaran rumah 

Ketika perawatan sistem kelistrikan tertinggal, ada risiko kabel yang berjumbai dan masalah lainnya dapat menimbulkan bahaya kebakaran rumah. 

Jadi, salah satu alasan perlu memperbarui sistem kelistrikan rumah adalah meminimalkan risiko kebakaran.

Layanan teknisi listrik yang memenuhi syarat dapat memeriksa sistem kelistrikan di rumah Anda guna mengidentifikasi masalah kelistrikan umum yang dapat menyebabkan kebakaran dan memperbaikinya. Ini dapat dengan mudah menjadi bagian dari proyek renovasi rumah yang lebih besar. 

Baca juga: Plus Minus Kompor Gas, Induksi, dan Listrik, Mana Terbaik untuk Dapur?

Memenuhi kebutuhan daya peralatan baru

Ilustrasi AC.Shutterstock/Butsaya Ilustrasi AC.
Rata-rata rumah tangga mengonsumsi banyak energi—dan jumlah itu kemungkinan akan meningkat karena semakin banyak teknologi modern yang mengandalkan listrik.

Faktanya, menurut data dari Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat (EIA), pada 2017, rata-rata konsumsi listrik tahunan untuk pelanggan utilitas perumahan Amerika Serikat adalah 10.399 kilowatt jam (kWh), rata-rata 867 kWh per bulan.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com