Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2022, 11:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menyimpan bahan makanan, biasanya kulkas menjadi salah satu solusi paling utama. Namun, bagaimana dengan menyimpan roti, apakah masih bisa disimpan di dalam kulkas atau ada metode lainnya?

Dilansir Food and Wine, Senin (26/12/2022) Madelyn Osten, mantan kepala pembuat roti di Sullivan Street Bakery di Miami, AS memaparkan beberapa cara menyimpan roti agar tahan lama, antara lain sebagai berikut. 

1. Menyimpan roti di freezer 

Membekukan roti alias menyimpan roti di freezer adalah cara terbaik untuk mengawetkan roti itu untuk waktu yang lama. Bungkus rapat di dalam tas freezer, baik utuh atau irisan.

Baca juga: Bolehkah Menyimpan Roti di Kulkas?

Ilustrasi roti tawar 

Dok. Freepik/jcomp Ilustrasi roti tawar

Letakkan kertas lilin di antara irisan saat saya membekukan, karena ini memudahkan untuk mengeluarkannya apa yang saya butuhkan.

Mencairkan roti beku di kulkas semalaman adalah cara terbaik, karena di luar meja bisa menjadi lembek, dan meskipun akan dipanggang dengan baik, itu membuat roti lebih enak di kulkas.

Selain itu, jangan lupa membuka bungkusan freezer saat mencairkan. Hal ini mencegah air menggenang saat mencairkan.

Pun jika mencairkan tampak menakutkan, jangan khawatir. Anda selalu dapat memanaskan kembali roti langsung dari freezer. Untuk roti utuh, cobalah memanggang pada suhu 162 derajat celcius selama 25 hingga 30 menit, sedangkan irisan dapat langsung dimasukkan ke dalam pemanggang roti.

Baca juga: Panduan Cara Membersihkan Oven Pemanggang Roti

Simpan di kertas, jangan di plastik

Sepotong roti segar paling baik dimakan dalam dua hingga tiga hari. Jika Anda berencana untuk segera melahapnya, maka menyimpannya dalam kantong kertas di meja adalah langkahnya.

Meskipun menyimpannya dalam plastik sepertinya ide yang tepat, ini sebenarnya mendorong pertumbuhan jamur, mengakibatkan roti menjadi lebih cepat busuk. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com