Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Memberikan Bawang Putih pada Kucing Peliharaan, Ini Bahayanya

Kompas.com - 10/12/2022, 17:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberikan beberapa makanan manusia untuk kucing peliharaan sebagai camilan atau suguhan istimewa sebetulnya baik-baik saja. 

Namun secara teknis, kucing sama sekali tidak membutuhkan makanan manusia karena makanan basah dan kering miliknya diformulasikan untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisinya.

Selain itu, tidak semua makanan manusia aman diberikan untuk kucing peliharaan lantaran beberapa di antaranya beracun sehingga perlu menghindarinya, salah satunya bawang putih

Baca juga: Cara Menyajikan Makanan Basah pada Kucing Peliharaan

Seberapa bahaya bawang putih untuk kucing

Ilustrasi kucing British Longhair.SHUTTERSTOCK / HelloRF Zcool Ilustrasi kucing British Longhair.
Genna Mize, dokter hewan layanan teknis di Virbac, mengatakan kucing sangat rentan terhadap efek bawang putih, bahkan lebih dari anjing.

"Ini tidak hanya menyebabkan gangguan gastrointestinal, tetapi juga berpotensi mengubah sel darah merah dan mengganggu fungsi transportasi oksigen yang sangat penting dalam tubuh," katanya dikutip dari Daily Paws, Sabtu (10/12/2022). 

Bawang putih juga sering menyebabkan anemia, penyakit yang mungkin fatal jika tidak ditangani tepat waktu.

Bawang putih beracun untuk kucing lantaran mengandung senyawan n-propil disulfida. Ini ditemukan dalam bentuk aktif di semua sayuran dari keluarga Allium spp.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Putih di Polybag

Namun, bagaimana makanan dengan bawang putih di dalamnya? Bisakah kucing mengonsumsinya? 

Baik bawang putih utuh, olahan, maupun sudah dimasak, tetap tidak boleh dikonsumsi anjing peliharaan. Semuanya tetap beracun bagi kucing.

Bahkan, kata Mize, rempah-rempah bawang putih lebih berbahaya dalam jumlah kecil dibanding bawang putih segar karena lebih pekat.

"Satu siung bawang putih sudah cukup untuk menyebabkan penyakit serius pada kucing," imbuhnya. 

Jadi, apabila memberi kucing sepotong salmon, kalkun, atau ayam yang lezat, pastikan masakan ini dimasak dengan matang tanpa bawang putih apa pun. Lebih baik lagi, biarkan makanan tersebut benar-benar tidak berbumbu.

Baca juga: 3 Penyebab Kucing Merusak Pohon Natal 

Perlu diingat, dokter hewan merekomendasikan camilan tidak lebih dari 10 persen dari diet harian kucing peliharaan. Namun, bawang putih bukan satu-satunya keluarga Allium yang berpotensi beracun bagi kucing.

Mize memperingatkan pemilik kucing dan hewan peliharaan lainnya untuk menghindari keluarga Allium seperti daun bawang, bawang bombai, serta bawang merah. 

"Keracunan dapat terjadi, baik dari paparan tunggal bawang putih/bawang merah dalam jumlah besar maupun paparan kronis yang lebih kecil dari waktu ke waktu," ucapnya. 

Baca juga: 5 Dampak Buruk Memisahkan Anak Kucing Terlalu Cepat dari Induknya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com