Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Kompas.com - 28/11/2022, 16:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat hewan peliharaan menjadi hal menyenangkan serta membutuhkan banyak usaha, termasuk menjaga rumah bebas dari bulu.

Karena itu, membutuhkan pembersihan terus-menerus. Namun, membersihkan bulu hewan peliharaan terkadang membuat lelah dan memakan banyak waktu.

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan yang Rontok 

Untuk membantu Anda, dilansir dari Mental Floss, Senin (28/11/2022), berikut beberapa cara menjaga rumah tetap bersih dari bulu hewan peliharaan.

Tutupi furnitur 

Ilustrasi anjing duduk di sofa. PEXELS/DOMINIC BUCCILLI Ilustrasi anjing duduk di sofa.
Jika hewan peliharaan suka duduk di sofa, sebaiknya menggunakan sarung sofa yang dapat melindungi bulu hewan menempel.

Pilih penutup atau sarung sofa yang dapat dicuci dengan mesin cuci dan mudah dilepas saat hendak membersihkannya.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Kucing yang Rontok dari Rumah

Rawat hewan peliharaan

Menyikat bulu hewan peliharaan secara teratur dapat membuat perbedaan besar dalam menghilangkan kerontokan bulu yang berlebih.

Meski arti "teratur" tergantung pada jenis dan ras hewan peliharaan, secara umum sebaiknya menyikat bulu hewan peliharaan setidaknya setiap beberapa hari.

Selain itu, Anda juga harus membuat rutinitas perawatan yang solid untuk hewan yang membutuhkan lebih banyak perawatan.

Pastikan berkonsultasi dengan dokter hewan untuk seberapa sering hewan peliharaan perlu mendapat perawatan secara profesional. 

Baca juga: Penyebab Bulu Rontok pada Anabul dan Cara Mencegahnya 

Bersihan lantai setiap hari

Tidak ada yang ingin menyedot debu atau mengepel lantai rumah setiap hari, tetapi jika  memiliki hewan peliharaan yang mengalami kerontokan bulu,  hal itu akan sering dilakukan. 

Hanya beberapa menit sehari untuk membersihkannya dapat membuat perbedaan besar dalam mengurangi jumlah bulu hewan peliharaan yang menumpuk.  

Baca juga: 5 Warna Bulu Golden Retriever, dari Cream hingga Merah

Gunakan pembersih udara

Ilustrasi air purifierShutterstock/220 Selfmade studio Ilustrasi air purifier
Pembersih udara sangat bagus menjebak kotoran, debu, alergen, dan bulu hewan peliharaan sehingga mencegahnya beterbangan di seluruh rumah.

Filter HEPA lebih disukai karena dapat menjebak lebih dari 99 persen partikel. Ingatlah bahwa beberapa pembersih udara mencakup lebih banyak luas daripada yang lain.

Jadi, penting memperhatikan ukurannya. Jangan lupa mengganti filternya setiap bulan untuk memastikannya bekerja secara efektif.

Pertimbangkan juga membeli pembersih udara engan indikator atau sensor yang memberi tahu Anda sudah saatnya mengganti filter. 

Baca juga: Kenapa Bulu Kucing Rontok? 6 Hal Ini Dapat Jadi Penyebabnya 

Mencuci perlengkapan tempat tidur setiap minggu

Jika membiarkan hewan peliharaan tidur di tempat tidur Anda, kemungkinan besar seprai, sarung bantal, dan selimut tertutup bulu.

Karena itu, penting mencuci perlengkapan tempat tidur seminggu sekali. Namun, sebelum  memasukkan semuanya ke mesin cuci, luangkan beberapa menit untuk mengurangi jumlah bulu hewan peliharaan yang benar-benar masuk ke mesin cuci karena berpotensi menyebabkan kerusakan pada mesin.

Misalnya, bersihkan alas tidur dengan cepat menggunakan lint roller untuk mengurangi jumlah bulu yang menutupi alas tidur.

Setelah itu, masukkan semuanya ke mesin pengering bersama dengan beberapa lembar pengering selama 10 menit untuk melembutkan kain dan mengendurkan bulu hewan peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com