Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 13:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika memasak daging ayam untuk hidangan harian, terkadang tidak semua anggota keluarga memakannya sehingga membuat daging tersisa.

Beberapa orang akan menyimpan daging ayam yang tersisa di dalam kulkas untuk disantap atau diolah kembali pada lain waktu.

Baca juga: Bisakah Daging Ayam Mentah yang Sudah Mencair Dibekukan Kembali?

Lantas, berapa lama boleh menyimpan daging ayam matang di dalam kulkas? Apakah kualitasnya masih terjaga dan aman dikonsumsi? 

Dilansir dari All Recipes, Senin (28/11/2022), US Department of Agriculture (USDA) atau Depertemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan bahwa daging ayam yang sudah dimasak hanya bisa bertahan tiga sampai empat hari di dalam kulkas.

Namun, menyimpannya dalam freezer dapat membuatnya bertahan selama dua hingga tiga bulan. Memakannya kembali melampaui batas waktu tersebut bisa berujung pada penyakit bawaan makanan. 

Baca juga: Ini 6 Kesalahan Menyimpan Daging Ayam yang Membuat Cepat Rusak

Ayam goreng susu utuh ala Foodplace.KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA Ayam goreng susu utuh ala Foodplace.

Sebab, meski disimpan dalam suhu dingin, bakteri masih dapat tumbuh pada daging ayam matang. Untuk daging ayam matang yang disimpan di kulkas, bisa dihangatkan di microwave. Microwave memanaskan makanan dari luar ke dalam. Dengan kata lain, menghangatkan kembali daging ayam matang berusia seminggu akan membunuh bakteri. 

Hanya saja, bakteri yang terbunuh hanya yang berada di permukaan. Suhu panas microwave tidak bisa menghilangkan racun yang dihasilkan bakteri yang tumbuh di bawah permukaan daging.

Intinya, apabila daging ayam matang sudah disimpan selama lima hari di dalam kulkas, artinya tidak aman lagi dimakan meski telah dihangatkan kembali.

Baca juga: Cara Tepat Membekukan Daging Ayam agar Tahan Lama dan Tetap Segar

Cara menyimpan daging ayam matang

Untuk penyimpanan di kulkas atau freezer, masukkan daging ayam matang dalam wadah kedap udara. Mereka harus segera disimpan dalam waktu dua jam setelah dimasak.

Jika dibiarkan pada suhu ruangan lebih dari dua jam, ayam bisa mencapai zona bahaya, yakni memiliki suhu antara 4-60 derajat Celsius, yang bisa membuat  bakteri tumbuh paling cepat.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menyimpan Daging Sapi di Freezer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+