Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Anjing Belgian Malinois, Ikut Operasi Militer ISIS

Kompas.com - 27/11/2022, 13:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada cukup banyak ras anjing di dunia yang wajahnya mirip seperti German Shepherd. Misalnya adalah Dutch Shepherd, Byelorussian Shepherd, dan Tervuren.

Namun, ada satu yang tampilannya sangat mirip dengan German Shepherd, yakni Belgian Malinois. Bahkan, dilihat secara sekilas, hampir seperti tidak ada yang membedakan keduanya.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Barbet, Anjing Asal Prancis yang Mulai Langka

Meski begitu, seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu (27/11/2022), ada perbedaan antara German Shepherd dengan Belgian Malinois, serta beragam fakta menarik seputar Belgian Malinois. Apa saja?

1. Nenek moyangnya sudah ada sejak 1885

Dilansir dari Dog Time, Belgian Malinois masa kini bisa ditelusuri ke pasangan pembiakan yang dimiliki oleh seorang penggembala dari Laeken, Belgia, bernama Adrien Janssens.

Ilustrasi anjing Belgian Malinois.SHUTTERSTOCK / Eudyptula Ilustrasi anjing Belgian Malinois.

Pada 1885, ia membeli seekor anjing berwarna coklat kekuningan pucat (pale fawn) bernama Vos de Laeken, juga dikenal Vos I, dari pedagang ternak di Belgia utara.

Janssens menggunakan Vos I sebagai anjing penggembala, dan membiakkannya pada anjing berbulu pendek berwarna brindle-brown bernama Lise.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kumis Anjing, Punya Cara Kerja seperti Antena

Setelah perkawinan kedua anjing tersebut, Vos I dibiakkan dengan anak-anaknya untuk membentuk garis keturunan anjing yang sangat homogen berbulu pendek dan kasar berwarna abu-abu dan coklat kekuningan.

Saat ini, Vos I dan Lise diakui sebagai leluhur dari Belgian Sheperd Dog masa kini, Bouvier des Flandres, dan Dutch Shepherd Dog.

2. Satu dari empat Belgian Sheepdog

Belgian Malinois adalah salah satu dari empat Belgian Sheepdog yang dikembangkan di Belgia pada akhir 1800-an. Empat Belgian Sheepdog ini mencakup Belgian Malinois, Tervuren, Laekenois, dan Groenendael.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com