Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Aturan Memandikan Anjing Peliharaan

Kompas.com - 18/11/2022, 12:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandi menjadi aktivitas yang hampir tidak disukai semua hewan peliharaan, termasuk anjing.

Tak heran, kebanyakan anjing peliharaan akan berontak, bahkan lari saat tiba waktunya untuk mandi. Selain itu, anjing juga bisa menjadi sedih saat mandi. 

Baca juga: 6 Fakta Seputar Virus Rabies yang Menyerang Anjing dan Kucing

Padahal, memandikan anjing adalah bagian penting dari perawatan yang harus dilakukan secara rutin. 

Mandi tak hanya membersihkan kotoran yang menempel dari tubuh dan bulu anjing, tapi juga menjaga kesehatan, memberi kesegaran, dan membuatnya harum. 

Namun, meski penting, memandikan anjing tak boleh dilakukan secara asal. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti ras anjing, jenis bulu, tingkat aktivitas, lingkungan, serta kondisi kesehatan. 

Semua hal ini mempengaruhi seberapa sering harus memandikan anjing. Dengan kata lain, tidak semua anjing memiliki frekuensi mandi yang sama.  

Baca juga: 6 Jenis Anjing Spitz Paling Terkenal di Dunia, Apa Saja?

Ilustrasi anjing mandi.Unsplash/hayffield Ilustrasi anjing mandi.
Lantas, seberapa sering harus memandikan anjing? 

Callie Harris, dokter hewan di Purina yang berbasis di Atlanta, Amerika Serikat, mengatakan bahwa seberapa sering dan kapan harus memandikan anjing peliharaan bergantung pada beberapa faktor, seperti jenis bulu, gaya hidup, dan kondisi kesehatan anjing. 

"Namun, anjing tidak perlu mandi sesering manusia," kata juri ABC's Pooch Perfect, acara kompetisi perawatan anjing baru, dikutip dari Southern Living, Jumat (18/11/2022). 

Harris mengatakan aturan yang baik adalah sekitar sebulan sekali. Namun, Anda dapat menggunakan indra penciuman untuk mencium atau mendeteksi apakah tubuh anjing sudah bau atau masih harum. Apabila berbau, ini berarti bahwa sudah waktunya memandikan anjing. 

Baca juga: Alasan Ilmiah Kehilangan Anjing Peliharaan Sangat Menyakitkan

Namun, untuk anak anjing yang masih sangat kecil, sebaiknya tunda memandikannya karena belum dapat mengatur suhu tubuhnya. Sebaiknya, memandikan anak anjing setelah berusia sekitar delapan minggu.

Selain itu, untuk ras anjing berbulu panjang, seperti Shih tzu dan Border collie, dan anjing berbulu ganda seperti Labrador retriever, Beagle, juga Siberian husky, jelas membutuhkan lebih banyak mandi untuk menjaga bulu panjang atau tebal tetap bersih serta bebas bau.

Sebaliknya, anjing dengan bulu pendek membutuhkan lebih sedikit mandi.   

Baca juga: Betulkah Anjing Memiliki Emosi yang Sama dengan Manusia?

Produk yang digunakan untuk memandikan anjing?

Ilustrasi anjing mandi atau memandikan anjing.Shutterstock/Masarik Ilustrasi anjing mandi atau memandikan anjing.
Harris mengatakan saat memandikan anjing, gunakan sampo yang aman untuk anjing, baik berbulu pendek maupun berlapis ganda.

Anda bisa menggunakan sampo penghilang kerontokan untuk membantu mengurangi jumlah bulu yang rontok. "Apa pun sampo yang dipilih, pastikan membilas semua produk secara menyeluruh dari bulu anjing untuk mencegah iritasi kulit."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com