Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kamar Mandi Berbau Lebih Harum dan Segar

Kompas.com - 19/11/2022, 18:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kelembapan yang lebih tinggi daripada area ruang lainnya di dalam rumah, membuat kamar mandi terkadang memiliki bau yang tak sedap.

Secara umum, menjaga kamar mandi tetap harum tidak hanya membuatnya menjadi tempat yang lebih menyenangkan, tetapi juga membuatnya tampak lebih bersih dan lebih menarik.

Menggunakan sekaleng pengharum ruangan adalah solusi yang mudah, tetapi semprotan hanya menutupi bau tak sedap dan dapat menyebabkan iritasi pernapasan pada individu yang sensitif.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Buih Sabun di Kamar Mandi, Bisa Pakai Cuka

Ilustrasi kamar mandi, kloset di kamar mandi.UNSPLASH/STEVEN UNGERMANN Ilustrasi kamar mandi, kloset di kamar mandi.

Untuk itu, dilansir Home Guides SF Gate, Sabtu (19/11/2022) ada beberapa cara untuk membuat kamar mandi lebih segar dan wangi, seperti berikut ini. 

1. Keluarkan udara 

Kamar mandi yang mudah lembap dapat menimbulkan bau apek dan jamur. Setelah mandi atau berendam, biarkan kipas kamar mandi menyala atau buka jendela sampai uapnya hilang dan dinding serta lantainya kering.

Jika kamar mandi Anda tidak memiliki kipas atau jendela built-in, gunakan kipas angin listrik kecil untuk menghilangkan kelembapan setelah mandi. Dehumidifier adalah pilihan lain jika kamar mandi Anda sangat lembap.

Gantung handuk dan keset kamar mandi hingga kering, dan cucilah setidaknya seminggu sekali. Tarik tirai shower hingga tertutup setelah mandi agar permukaan benar-benar kering.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak Kapur pada Lantai dan Nat Kamar Mandi

2. Bersihkan kamar mandi

Berikan perhatian khusus pada lantai di sekitar kloset dan engsel serta dudukan kloset yang merupakan terkadang menjadi tempat yang berbau urine.

Jaga agar area wastafel bebas dari genangan air, gumpalan pasta gigi, peralatan mandi yang tumpah, dan rambut rontok. Lapisi wadah sampah kamar mandi dengan kantong plastik sekali pakai untuk mencegah penumpukan kotoran di kaleng, dan kosongkan sampah setiap hari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com