Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Laba-Laba di Kamar Mandi dengan Lemon

Kompas.com - 14/11/2022, 23:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Laba-laba akan meninggalkan jaring yang dapat membuat ruangan terlihat lebih kotor meski tidak mengganggu.

Jaring laba-laba juga menangkap banyak kotoran serta debu yang membuatnya semakin kotor jika tidak dibersihkan. 

Baca juga: Cara Mengusir Laba-laba dari Rumah dengan Lavender

Biasanya, jaring laba-laba banyak ditemukan di ruangan lembap seperti kamar mandi. Namun, setelah selesai dibersihkan, laba-laba akan kembali membuat jaring kembali. 

Menurut George Holland, pakar desain kamar mandi dari Victorian Plumbing, cara terbaik mengusir laba-laba dari kamar mandi adalah menggunakan lemon.

Caranya, cukup campurkan air perasan lemon dengan air, lalu semprotkan di sekitar area lembap yang dapat menarik serangga.

George mengatakan butuhkan waktu dua menit untuk membuatnya sendiri. Cara ini juga murah, efisien, lebih ekonomis, sekaligus membuat kamar mandi wangi.  

Baca juga: Cara Mengusir Laba-laba dari Rumah dengan Lavender

Laba-laba tidak membawa kuman dan penyakit, namun sarangnya selalu bisa mengotori rumah. Unsplash/Fabian Michel Laba-laba tidak membawa kuman dan penyakit, namun sarangnya selalu bisa mengotori rumah.
George menambahkan, sama dengan semua spesies, laba-laba membutuhkan air untuk bertahan hidup. Itu sebabnya laba-laba tertarik muncul di kamar mandi, terutama saat-saat yang lebih gersang atau panas. 

Selain menyemprotkan air jeruk, George menyarankan menggosok kulit lemon di atas ambang jendela kamar mandi.

"Gosokkan kulit lemon ke seluruh ambang jendela atau di mana pun laba-laba mencoba dan hinggap seperti di belakang kloset atau lemari. Aroma lemon akan mengusirnya dan memberi kamar mandi aroma yang harum," katanya dilansir dari Country Living, Senin (14/11/2022). 

Baca juga: Lokasi Meletakkan Tanaman Laba-laba di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Dilansir dari Walesonline.co.uk, laba-laba mencium dan merasakan dengan kakinya. Karena itu, laba-laba enggan menetap di area dengan aroma kuat.

Kantong teh peppermint yang diletakkan di setiap sudut kamar mandi dapat membuat laba-laba enggan kembali ke kamar mandi lantaran aromanya tidak disukai laba-laba.

Tak hanya itu, Anda juga dapat membuat mengusir laba-laba menggunakan campuran minyak esensial (sekitar 20 tetes) dengan air dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan pada area sudut kamar mandi atau area lembap yang menarik serangga. Minyak esensial terbaik untuk digunakan adalah lavender, peppermint, pohon teh, dan kayu manis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com