Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memilih Jenis Cat Sesuai dengan Ruangan di Rumah

Kompas.com - 19/11/2022, 17:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat dinding menjadi salah satu cara untuk meningkatkan tampilan ruangan. Namun, bisakah Anda menggunakan satu jenis cat interior untuk setiap ruangan rumah?

Idealnya memang demikian, namun kondisi di satu ruangan tidak selalu sama dengan ruangan lainnya. Ruang bawah tanah tidak sama dengan dapur, dan dapur tidak sama dengan kamar tidur.

Seperti yang dilansir The Spruce, Sabtu (19/11/2022) area rumah yang berbeda memiliki pencahayaan, aktivitas, dan iklim mikro yang berbeda sehingga membutuhkan jenis cat yang berbeda.

 

Baca juga: 4 Warna yang Dapat Membawa Kekayaan ke Rumah Menurut Feng Shui

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding kuning. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding kuning.

Jadi, jika Anda mengecat hanya satu ruangan atau banyak ruangan, Anda dapat menyesuaikan jenis cat dan kilap cat ke ruangan atau permukaan mana pun. 

Jenis cat untuk kamar tidur

Jamar tidur adalah area dengan dampak rendah dan dapat menggunakan cat apa pun yang Anda inginkan. Karena ini cenderung menjadi ruang yang tidak banyak noda yang akan menempel, Anda dapat

menggunakan cat datar atau matte, jika diinginkan. Namun, sebagian besar pemilik rumah menggunakan cat lateks kemilau satin atau kulit telur di ruang tamu dan kamar tidur. 

Jenis cat untuk dapur

Di dapur, lihat kategori umum cat dinding interior, tetapi hindari cat datar atau cat matte lainnya, karena sulit dibersihkan.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Warna Hitam di Ruangan Menurut Feng Shui

Sementara kemilau satin atau eggshell sangat populer, beberapa pemilik rumah yang khawatir tentang perawatan bahkan memilih kemilau semi-gloss di dapur mereka.

Jenis cat untuk kamar mandi

Karena kelembapan kamar mandi, ada baiknya memiliki permukaan dinding yang mudah dibersihkan. Cat dengan kemilau yang lebih mengkilap memiliki struktur molekul yang lebih rapat daripada cat datar, sehingga kelembapan lebih sulit ditembus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com