Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Ruangan Berplafon Rendah Terasa Lebih Tinggi

Kompas.com - 09/11/2022, 12:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam merenovasi dan mendekorasi bangunan yang ada, membuat ruangan dengan plafon rendah tampak lebih tinggi sering kali menjadi tantangan.

Plafon bertindak sebagai reflektor cahaya sehingga memahami warna cat dan pencahayaan berbeda di sebuah ruangan akan membantu memberikan kesan luas pada ruangan berplafon rendah. 

Baca juga: Warna Cat Terbaik untuk Plafon Rumah Berdasarkan Survei

Ketinggian plafon ruangan interior rata-rata adalah dua meter dari lantai. Artinya, ruangan dengan plafon rendah memiliki ketinggian kurang dari dua meter.

Plafon rendah juga memiliki variasi, di antaranya plafon miring atau ruangan dengan plafon pelana, yakni plafon rendah pada dinding perimeter dan naik tinggi ke tengah ruangan.

Dilansir dari Hunker, Rabu (9/11/2022), berikut cara membuat plafon rendah lebih terasa tinggi. 

Optimalkan pencahayaan

Ilustrasi plafon gipsum, plafon rumah gipsum. SHUTTERSTOCK/MURUGESAN SUNDARAM Ilustrasi plafon gipsum, plafon rumah gipsum.
Plafon berfungsi sebagai reflektor cahaya horizontal yang besar. Saat cahaya alami masuk melalui jendela atau lampu dinyalakan di ruangan gelap, plafon adalah permukaan utama yang memantulkan serta menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan.

Semakin besar jumlah cahaya di dalam ruangan, semakin luas ruangan terasa. Ruangan dengan plafon lebih gelap memantulkan sedikit cahaya sehingga tampak lebih rendah. 

Baca juga: Tips Memilih Lampu Plafon di Kamar Tidur 

Gunakan warna terang pada plafon dan dinding 

Warna paling terang dan paling putih bekerja paling baik untuk membuat plafon rendah tampak lebih tinggi.

Putih cerah atau putih agak abu-abu adalah warna plafon yang optimal. Hindari menggunakan warna dengan rona berbeda pada plafon karena akan membuatnya terlihat lebih gelap dan tidak memantulkan banyak cahaya.

Sementara itu, warna dinding pada ruangan dengan plafon rendah sama pentingnya dengan warna plafon itu sendiri. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Plafon Kamar Tidur Tampak Lebih Tinggi 

Untuk menciptakan ilusi bahwa dinding dan plafon adalah satu bidang yang berkesinambungan, cat dinding ruangan dengan warna terang yang sama dengan plafon.

Mata Anda tidak akan tertuju pada persimpangan antara dinding dan plafon sehingga membuat plafon tampak lebih tinggi.

Jika perlu menambahkan warna pada dinding, pilih warna yang hanya sedikit lebih gelap dari warna plafon atau cat salah satu aksen dinding dengan warna lebih gelap. 

Baca juga: Mengapa Plafon Kamar Mandi Disarankan Berwarna Selain Putih? 

Gunakan warna lantai yang terang

Ilustrasi plafon miring. SHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi plafon miring.
Sama dengan warna plafon dan dinding, semakin terang warna lantai pada ruangan dengan plafon rendah, semakin banyak cahaya yang dipantulkan sehingga ruangan tampak lebih luas.

Namun, mengubah warna lantai tidaklah mudah karena sebagian tertutup oleh furnitur dan karpet. Untuk mengatasi warna lantai yang gelap, gunakan warna dominan terang atau netral pada perabotan dan aksesori ruangan. 

Baca juga: Memasang Kipas Angin Plafon di Kamar Tidur Tidak Baik, Kenapa?

Pilih hasil akhir cat matte

Akrilik matte atau flat finish adalah hasil akhir cat yang paling cocok untuk plafon. Cat matte akan menutupi ketidaksempurnaan pada plafon dan menciptakan difusi cahaya yang seragam di dalam ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com