Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Benda Ini Harus Dibuang dari Rumah untuk Mendatangkan Energi Positif

Kompas.com - 08/11/2022, 15:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ruang di dalam rumah menyimpan energi, baik positif maupun negatif. Namun, energi ini tidak dapat dilihat, hanya dirasakan.

Anda memperoleh energi tertentu di mana pun tinggal. Rumah adalah ruang kesatuan dengan banyak energi bertemu, perasaan, pikiran, emosi, bahkan objek tertentu yang menarik jenis energi tertentu. 

Baca juga: 4 Cara Menghadirkan Energi Positif di Dapur Menurut Feng Shui

Vastu shastra, sistem arsitektur tradisional Hindu, mengatakan untuk memanfaatkan energi positif di rumah, dapat dilakukan dengan membuang benda-benda tertentu. 

Membersihkan rumah dari energi negatif akan menarik cinta, kesehatan, dan kemakmuran.

Ashna Ddhannak, pelatih kehidupan holistik dari Enlightening Lifestyle, mengatakan untuk membuat energi positif tinggal di rumah, pemilik harus dapat mencapai keseimbangan tepat antara manajemen rumah dan kebijaksanaan Vastu.  Apalagi, lingkungan fisik mempengaruhi psikologi dan kesejahteraan.

Vastu shastra telah mengidentifikasi benda-benda di rumah yang dapat merusak kesejahteraan dengan menyebabkan stres, ketidakpuasan, serta kecemasan.

Dilansir dari Architectural Digest, Selasa (8/11/2022), berikut beberapa benda yang diyakini dapat mengganggu aliran dan keseimbangan energi di rumah. 

Baca juga: 5 Cara Mengatur Kamar Tidur Menurut Feng Shui 

Barang pecah dan rusak

Ilustrasi gelas kaca. FREEPIK/DIANA.GRYTSKU Ilustrasi gelas kaca.
Gelas, bingkai, barang pecah belah, piring yang pecah, cermin yang retak, serta bohlam dan lampu tabung yang mati dapat menciptakan hambatan di rumah.

Barang-barang ini juga menarik melankolis, kesedihan, serta hal negatif. Selain itu, jam tangan dan peralatan elektronik yang tidak lagi berfungsi juga bisa meningkatkan hal negatif. 

Menjaga ornamen yang rusak menandakan mimpi yang rusak, yang dapat menyebabkan tekanan mental, depresi, serta kegagalan dalam hubungan dan karier. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Gorden yang Tepat Menurut Feng Shui

Lukisan-lukisan

Lukisan yang menggambarkan peperangan, kapal tenggelam, binatang buas, dan senjata tajam menciptakan suasana permusuhan atau agresif di rumah serta menimbulkan perselisihan keluarga.  

Benda-benda yang mewakili kesedihan

Gambar anak menangis dapat menumbuhkan rasa sakit dan kesedihan. Gambar-gambar ini dapat membuka jalan bagi masuknya ketidakberuntungan di rumah Anda.  

Lukisan air

Ilustrasi lukisan.UNSPLASH / Steven Ungermann Ilustrasi lukisan.
Lukisan yang menggambarkan air terjun, laut, hujan, serta akuarium atau air mancur di kamar tidur dapat mengantarkan kerugian finansial, serta gejolak emosional.

Selain itu, berdampak negatif pada kemakmuran, kelimpahan, dan kedamaian di rumah. Hal ini karena air adalah elemen tidak stabil dan dapat menciptakan ketidakstabilan dalam pikiran dan karier Anda. 

Baca juga: 5 Tips Feng Shui untuk Ruangan Sempit Terasa Lebih Luas

Barang yang rusak

Stoking yang usang serta roberkan pada pakaian, tas, atau sepatu bisa berdampak negatif pada keuangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com