Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Tata Letak Ruangan yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui

Kompas.com - 18/10/2022, 22:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi yang melihat bagaimana meningkatkan aliran energi di rumah.

Ilmu yang berasal dari Tiongkok kuno ini dikembangkan untuk membantu orang-orang dalam menempatkan rumah mereka dalam hubungannya dengan kondisi lingkungan. 

Baca juga: Jenis Tanaman yang Sesuai dengan Ruangan Menurut Feng Shui

Salah satu dari banyak cara memasukkan prinsip-prinsip feng shui ke hidup Anda adalah memperbaiki lima kesalahan tata letak dekorasi rumah. 

Dilansir dari Real Simple, Selasa (18/10/2022), berikut lima kesalahan tata letak ruangan yang harus dihindari menurut feng shui. 

Memblokir pintu

Ilustrasi pintu rumah minimalisSHUTTERSTOCK / Vadym Andrushchenko Ilustrasi pintu rumah minimalis
Dalam feng shui, pintu mewakili suara Anda dan merupakan cara energi mengalir di dalam serta seluruh rumah.

Namun, terkadang pintu yang terblokir dan tidak bisa membuka 90 derajat penuh. Hal ini karena adanya kekacauan di belakang pintu dan furnitur menghalangi pintu sehingga tidak terbuka sepenuhnya.

Untuk itu, pastikan membereskan kekacauan tersebut sehingga dapat mengundang aliran qi (energi kekuatan hidup) yang baik ke dalam ruang.  

Baca juga: Catat, Ini Tanaman Hias Terbaik dan Terburuk Menurut Feng Shui

Tempat tidur salah posisi

Salah satu prinsip terpenting dalam feng shui disebut posisi memerintah, yang menempatkan Anda mengendalikan hidup sehingga dapat bersantai dan melihat peluang yang datang ke arah Anda.

Untuk memastikan tempat tidur dalam posisi perintah ini, Anda harus dapat melihat pintu tanpa langsung sejajar dengannya saat berbaring di tempat tidur atau duduk. 

Langkah pertama memperbaiki posisi tempat tidur adalah memindahkannya. Biasanya, cara terbaik adalah menjadi diagonal (atau "kitty-corner") ke pintu.

Namun, jika ini tidak mungkin karena fitur arsitektur kamar tidur atau keterbatasan ruang, Anda dapat menempatkan cermin di sana sehingga dapat melihat pintu dari pantulan saat berbaring atau duduk. 

Baca juga: Lokasi Terbaik Penempatan Kamar Mandi di Rumah Menurut Feng Shui

Tempat tidur merapat ke dinding 

Ilustrasi tempat tidur. PIXABAY/JESSE BRIDGEWATER Ilustrasi tempat tidur.
Untuk orang dewasa, tempat tidur idealnya mereka memiliki sandaran kepala yang diamankan ke dinding yang kokoh dan salah satu sisi tempat tidur menempel ke dinding.

Meski dapat menghemat ruang, meletakkan tempat tidur ke dinding dapat menciptakan ketidakseimbangan Yin dan Yang bagi penghuninya. Bahkan hanya jarak 50 sentimeter ruang dapat membuat perbedaan besar.

Pastikan juga memiliki ruang di kaki tempat tidur sehingga memudahkan bergerak maju dalam hidup. Jika ini tidak memungkinkan, lakukan yang terbaik yang Anda bisa.  

Baca juga: 7 Aturan Meletakkan Cermin di Ruangan Menurut Feng Shui

Meja menghadap jendela

Meja mewakili karier dan kerja keras Anda. Meski menarik menempatkan meja kerja di depan jendela, tapi itu bukan praktik feng shui yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com