Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Warna Cat Menggunakan Kartu Swatch

Kompas.com - 19/10/2022, 17:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat untuk setiap ruangan di rumah tidaklah mudah. Selain lantaran banyaknya pilihan warna, warna cat di toko akan berbeda ketika diaplikasikan di ruangan.

Biasanya, hal ini terjadi ketika memilih warna dari kartu warna swatch, kemudian diaplikasikan ke dinding yang lebih besar akan menghadirkan warna berbeda dari di dalam toko, kecuali ruangan diterangi perlengkapan fluorescent kelas komersial yang sama dengan toko cat.  

Baca juga: Cat Dinding Bertekstur Vs Halus, Mana yang Bagus untuk Rumah?

Ditambah, proses mengecat perlu dilakukan secara hati-hati agar hasilnya maksimal.

Untuk membantu Anda, berikut cara memilih warna cat yang sempurna menggunakan kartu warna swatch dilansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (19/10/2022). 

Pilih beberapa warna cat dari kartu warna swatch

Ilustrasi cat dinding.Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat dinding.
Langkah pertama memilih warna cat adalah mengeluarkannya dari lorong cat toko. Pilih beberapa warnaatau bawa pulang katalog yang menyediakan seluruh warna cat.

Lihatlah warna-warna tersebut di dalam ruangan yang ingin Anda cat sepanjang hari, dari cahaya pagi yang cerah, cahaya sore yang keemasan, hingga malam hari yang diterangi lampu.

Jajarkan cat pada kain pelapis, karya seni, kap lampu, dan gorden yang ada. Anda dapat mempertimbangkan menonjolkan warna dari bantal atau gorden untuk menyatukan ruangan, kemudian persempit pilihan menjadi dua atau tiga warna. 

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Cat Eksterior Rumah

Pada kartu warna swatch, semua warna adalah variasi dari formula yang sama. Mereka memiliki nada yang sama, tetapi intensitasnya berbeda.

Berhati-hatilah membandingkan dua contoh di samping satu sama lain. Sebab, meski terlihat serupa di atas kertas, tetapi warna tersebut bisa berbeda dan rona sebenarnya bisa terlihat ketika mereka berdiri sendiri. 

Misalnya, seperti dilansir dari Real Simple, saat Anda melihat berbagai warna cat putih, beberapa tampak mengandung sedikit warna kuning, sementara yang lain tampak sedikit biru. Warna dasar yang halus itu disebut undertone

Baca juga: Deretan Warna Cat yang Dapat Mempengaruhi Kualitas Tidur

Ilustrasi mengecat pintu. SHUTTERSTOCK/SOFIA IARTSEVA Ilustrasi mengecat pintu.
Andrea Magno, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Warna di Benjamin Moore, mengatakan, selain mengambil sampel warna dalam ruang, bandingkan nuansa serupa yang memiliki nada berbeda seperti warna hangat dan dingin untuk membantu menentukan pilihan terbaik untuk ruangan.

Tidak yakin apakah warna cat memiliki nada hangat atau dingin?

Erika Woelfel, ahli warna dari Behr, menyarankan meletakkan contoh warna yang dipilih di selembar kertas putih.   

Baca juga: Catat, Ini Warna Cat Terbaik untuk Eksterior Rumah

Minta saran ahli untuk merekomendasikan hasil akhir cat

Setelah menentukan warna cat, konsultasikan dengan ahlinya di toko cat tentang hasil akhir apa yang harus dipilih.

Berdasarkan permukaan dinding yang Adimiliki, apakah drywall, plester, atau panel dan apakah dinding perlu dilindungi dari kelembapan atau sidik jari, para ahli akan menyarankan hasil akhir cat terbaik untuk mencapai warna yang diinginkan.

Misalnya, hasil akhir cat datar memberi Anda warna lebih dalam, sedangkan cat semigloss  memiliki kualitas reflektif moderat yang akan sedikit meredam warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com