Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2022, 23:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelas yang sering digunakan seiring waktu meninggalkan noda kusam pada permukaannya. Hal ini biasanya disebabkan air yang digunakan untuk mencuci gelas.

Ron Shimek, Presiden Mr. Appliance, mengatakan gelas yang keruh dapat disebabkan oleh air sadah yang digunakan saat mencuci. 

Baca juga: Cara Membersihkan Gelas Kaca yang Kusam dengan Cuka Putih

Mineral seperti kapur terperangkap dalam air, lalu menempel pada gelas, dan mengering sehingga menimbulkan kondisi keruh.

Untungnya, ada cara mengatasi noda keruh pada gelas dan menjaganya tetap bersih seperti dilansir dari Martha Stewart, Selasa (18/10/2022), berikut ini. 

Ilustrasi gelas kaca. PEXELS/ENGIN AKYURT Ilustrasi gelas kaca.
Alat dan bahan yang diperlukan 

  • Cuka putih.
  • Scrubber plastik atau jaring nilon.
  • Handuk bebas serat.
  • Wastafel atau mangkuk besar. 

Baca juga: Ketahui, Ini Cara Tepat Menyimpan Gelas agar Tidak Pecah dan Berdebu

Cara membersihkan noda keruh pada gelas

Kekeruhan pada barang pecah belah biasanya disebabkan dua hal, yakni kalsium dan magnesium yang tertinggal dari air sadah.

"Mencucinya dengan tangan adalah cara paling efektif menjaga gelas tetap bersih dan bebas noda," kata Vera Peterson, Presiden Molly Maid.

Berikut sederat langkah yang harus dilakukan untuk membersihkan gelas.  

Baca juga: Penyebab dan Cara Membersihkan Gelas yang Berkabut

  • Rendam dalam cuka 

Untuk memulainya, isi wastafel dengan air panas dan biarkan botol cuka putih terendam selama satu menit. Selanjutnya, tiriskan wastafel dan isi ulang dengan cuka hangat.

Peterson mengatakan menggunakan mangkuk jika hanya membersihkan beberapa gelas. Setelah wastafel diisi cuka, biarkan gelas kerush terendam selama satu jam. 

  • Hilangkan kekeruhan 

Ilustrasi gelas kaca. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi gelas kaca.
Setelah itu, keluarkan gelas dari rendaman cuka, lalu gosok dengan scrubber plastik untuk menghilangkan lapisan keruh. Selanjutnya, bilas gelas secara menyeluruh dengan air panas sampai jernih.  

Baca juga: Cara Membuat Gelas Kaca yang Menguning Jadi Kinclong Tanpa Disikat

  • Keringkan gelas 

Untuk membuat gelas keruh terlihat bersih kembali, Peterson menyarankan mengeringkannya dengan handuk atau kain bebas serat lainnya. Ini akan memastikan tidak ada serat yang tertinggal, yang dapat membuat gelas terlihat kotor. 

Bagaimana mencegah noda keruh pada gelas?

Peterson mengatakan cara terbaik mencegah noda keruh pada gelas adalah menghindari air mengering sendiri, yang biasanya terjadi saat menggunakan mesin pencuci piring.

"Mencuci tangan dan mengeringkan segera akan membantu menjaga gelas tidak keruh," katanya. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Gelas kaca Kusam Kembali Kinclong

Namun, apabila telah mencoba proses di atas dan gelas masih keruh setelah kering, Peterson mengatakan noda tersebut kemungkinan permanen.

"Jika mengarahkan gelas ke arah cahaya, Anda mungkin akan melihat nuansa merah muda, ungu, coklat, atau biru," katanya. Pada saat itu, kecil kemungkinan Anda bisa mengembalikan kilau gelas tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com