Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Tanaman Venus Flytrap, Si Pemakan Serangga

Kompas.com - 18/10/2022, 19:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias bunga dan daun, ada jenis tanaman yang dapat dirawat di rumah, yakni venus flytrap

Dilansir dari Mind Body Green, Selasa (18/10/2022), venus flytrap merupakan salah satu tanaman karnivora yang berasal dari Carolina Utara dan Selatan, Amerika Serikat. 

Baca juga: Mengenal Venus Flytrap, Tanaman Pemakan Serangga yang Unik

Tanaman ini tumbuh subur dengan mendapat banyak panas sinar matahari dan air. Karena akarnya terbiasa tumbuh di rawa atau lahan basah, kelembapan tanaman venus flytrap perlu dijaga terus-menerus.

Alexander Kelvin, penggiat tanaman hias dari Hobby Nanem, menjelaskan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin merawat tanaman venus flytrap.

"Perawatan tanaman karnivora ini simpel, tapi harus memperhatikan airnya. Lebih baik disiram dengan air hujan atau air AC," ucapnya ditemui dalama acara Floriculture Indonesia International Convex (FLOII) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), beberapa waktu lalu. 

Alexander menambahkan, venus flytrap tidak memerlukan pupuk untuk tumbuh dan harus mendapat paparan sinar matahari. 

Baca juga: 4 Cara Merawat Tanaman Venus Flytrap yang Gemar Memakan Serangga

Ilustrasi tanaman Venus flytrap. PEXELS/ANDRES DENES Ilustrasi tanaman Venus flytrap.
Untuk makanan, tanaman ini akan menangkap makanannya sendiri seperti lalat dan serangga lainnya. "Tanaman ini bisa mencari makanannya sendiri," ujar Alexander.

Venus flytrap memiliki anotomi tubuhnya yang mempunyai perangkap pada bagian mulutnya. Mereka telah mengembangkan perangkap yang memiliki struktur yang terlihat seperti rambut dan mampu menutup dan memeras mangsanya.

Ketika sang mangsa dekat dengan mulutnya, venus flytrap secara otomatis akan menutup sendiri. "Namun, penutupannya akan lebih lambat ketika sudah berkali-kali mereka makan, misalnya penutupan pertama lebih cepat dibanding ketiganya," imbuhnya. 

Lindsay Pangborn, ahli tanaman di Bloomscape, mengatakan, setelah menangkap mangsa, tanaman melepaskan zat enzimatik yang memecah mangsa menjadi nutrisi.

Jika tidak ada yang terdeteksi dalam perangkap, biasanya mulut tanaman akan terbuka kembali setelah sehari. 

Baca juga: Mengenal Venus Flytrap, Tanaman Karnivora Pemakan Serangga

Menumbuhkan penangkap venus flytrap

Ilustrasi tanaman Venus flytrap. PEXELS/ERIK MCLEAN Ilustrasi tanaman Venus flytrap.
Venus flytrap adalah tanaman unik yang dapat ditanam di dalam dan luar ruangan meski memiliki kebutuhan tanah khusus dan paling baik ditanam dalam wadah. 

Alfred Palomares, Wakil Presiden Merchandising di 1-800-Flowers.com, menyarankan menghindari menanamnya langsung ke tanah, kecuali telah membuat jenis taman rawa tertentu.

Venus flytrap dapat ditanam di kolam atau air mancur, tetapi pertahankan mahkota tanaman di atas air. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat merawat tanaman venus flytrap.  

Baca juga: 4 Cara Meletakkan Tanaman Hias di Kamar Tidur

  • Air 

Venus flytrap menyukai air dan perlu dijaga kelembapannya setiap saat. Ini berbeda dengan kebanyakan tanaman yang membiarkan tanah mengering sampai penyiraman berikutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com