Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mendekorasi Rumah Kecil agar Tampak Luas dan Lapang

Kompas.com - 16/10/2022, 15:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah kecil seperti apartmen kini menjadi hunian yang banyak dipilih mereka yang tinggal di perkotaaan karena harga tanah dan properti yang terus meningkat setiap tahunnya. 

Meski kecil, tinggal di rumah kecil ternyata memberikan sejumlah keuntungan. Mulai dari, menghemat biaya perawatan dan pemeliharaan, menghemat tagihan listrik, hingga memudahkan pembersihan. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil agar Terlihat Lebih Luas

Namun, salah satu masalah terbesar tinggal rumah kecil adalah kesulitan mendekorasi dan menatanya serta menciptakan rasa ruang dan keterbukaan.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, berikut cara mendekorasi rumah kecil agar tampak luas dan lapang dikutip dari My Decorative, Minggu (16/10/2022). 

Gabungkan cermin

Ilustrasi cermin di ruang tamu sempit untuk memberi kesan lapang. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi cermin di ruang tamu sempit untuk memberi kesan lapang.
Cermin memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terasa dua kali lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Bahkan, salah satu tren yang terlihat di kamar mandi kecil saat ini adalah memasang cermin dari lantai hingga plafon di sepanjang salah satu dinding.

Pertimbangkan menambahkan cermin di ujung lorong, atas mantel, dan atas meja prasmanan di ruang makan. 

Baca juga: 6 Barang Ini Wajib Dimiliki di Rumah Kecil, Apa Saja?

Temukan solusi penyimpanan cerdas

Kekacauan dapat membuat rumah kecil tampak semakin sempit dan penuh. Karena itu, segera bereskan segala kekacauan di rumah dan temukan ruang penyimpanan cerdas. 

Sebaiknya, untuk menghemat ruang, gunakan furnitur multifungsi seperti meja atau kursi ottoman penyimpanan di ruang keluarga, tempat tidur dengan laci, dan keranjang atau wadah kanvas yang tertata rapi untuk mengontrol kekacauan di ruang keluarga. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Rumah Kecil Tampak Lebih Besar dan Nyaman

Gunakan pintu lipat dua

Ilustrasi ruang keluarga kecilShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil
Pintu lipat dua sangat cocok di ruangan sempit seperti kamar tidur cadangan, bahkan kamar mandi di dalam kamar tidur.

Meski tidak memberikan kualitas insulasi atau kedap suara yang dimiliki pintu yang lebih berat, pintu lipat dua hanya mengambil setengah lebar saat dibuka seperti pintu interior tradisional.

Pintu lipat dua dengan jendela juga dapat digunakan untuk menutup ruang keluarga atau ruang bermain tanpa memutus cahaya ke dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Rumah Kecil dengan Model Loft

Gunakan meja dan kursi berprofil kecil

Saat mendekorasi rumah kecil, pilih meja dan kursi kecil serta ringan dengan profil rendah untuk menciptakan kesan ruang daripada memilih kursi dan sofa besar serta meja berat.

Pertimbangkan memilih beberapa kursi untuk ruang tamu dan meja masuk sempit agar pas di belakang pintu depan atau sofa tanpa lengan.

Kreativitas akan membantu pemilik rumah menyatukan gaya dekorasi mereka, berapa pun ukuran ruang yang ditata.

Apabila meras bingung, cobalh berkonsultasi dengan dekorator atau penyelenggara profesional untuk membantu mendekorasi dan menghemat ruang. Sering kali sentuhan dekoratif kecillah yang membuat rumah terasa terbuka alih-alih sesak.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com