Kompas.com - 13/07/2022, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah kecil tengah menjadi tren yang populer di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, sejak beberapa tahun terakhir. 

Ada banyak hal yang membuat beberapa orang memilih tinggal di rumah kecil, dari terus meningkatnya harga rumah di pasaran, lebih ramah lingkungan, hingga menawarkan jalan yang terjangkau menuju kepemilikan rumah. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Rumah Kecil Tampak Lebih Besar dan Nyaman

Tinggal di rumah kecil juga memberikan sejumlah keuntungan seperti harga rumah lebih terjangkau, memudahkan pembersihan, serta biaya pemeliharaan yang sedikit. 

Namun, tren rumah kecil tidak datang tanpa tantangan. Keterbatasan ruang merupakan masalah yang sering dialami. Akibatnya, membuat pemilik rumah kesulitan menyimpan barang dan mengatur furnitur

Karena itu, pastikan mempertimbangkan benar ukuran dan berat semua barang. Pastikan juga menilai kebutuhan Anda sebelum membeli perabotan. 

Nah, dikutip dari Moving, Rabu (13/7/2022), berikut enam barang yang wajib dimiliki di rumah kecil

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Kecil  

Kloset kompos

Ilustrasi kloset, toilet kamar mandi.SHUTTERSTOCK.NEW AFRICA Ilustrasi kloset, toilet kamar mandi.
Ketika membangun rumah mungil, kloset menjadi keharusan mutlak. Sayangnya, banyak pemilik rumah kecil tidak berada di lokasi yang menawarkan layanan sambungan penuh ke sambungan limbah atau pembuangan yang mudah.

Hal itu berarti memasang kloset flush di rumah kecil tidak dapat dilakukan. Menurut The Tiny Project, solusi untuk masalah ini adalah memasang kloset kompos.

Kloset ini biasanya tanpa air, ramah lingkungan, dan mudah digunakan. Kloset kompos memiliki harga berkisar dari US$500 US$1.500 atau sekitar Rp7-Rp22 juta. 

Baca juga: 8 Tips Menghemat Listrik di Rumah Kecil 

Pasang kait

Seperti dijelaskan sebelumnya, keterbatasan ruang menjadi masalah yang sering dihadapi di rumah kecil, baik itu ruang lantai, ruang lemari, maupun ruang apa pun untuk menyimpan barang-barang. 

Halaman:
Sumber Moving.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.