Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Rumah dengan Wol Baja

Kompas.com - 28/09/2022, 08:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus dapat memanjat dinding, masuk ke lubang sangat kecil, dan melahirkan selusin anak setiap tiga minggu.

Selain itu, seekor tikus dapat bertahan hidup saat jatuh dari ketinggian 15 meter. Namun, ada satu hal yang tidak dapat dilakukan hewan pengerat itu adalah menembus penghalang wol baja untuk membuat kekacauan di dapur, lemari, dan laci. 

Baca juga: 3 Minyak Esensial yang Dapat Membasmi Tikus di Rumah

Secara konvensional, wol baja digunakan untuk membersihkan panci dan wajan. Namun, wol yang abrasif ini juga berguna mencegah tikus masuk rumah

Dilansir dari House Digest, Rabu (28/9/2022), wol baja adalah kawat logam halus yang dikelompokkan bersama menjadi lembaran atau bantalan.

Wol baja sangat cocok untuk mengusir hama, terutama bila digunakan dengan dempul silikon. Menyegel lubang, celah, dan titik masuk laiinya dengan wol baja dapat secara efektif mencegah tikus masuk.  

Baca juga: Cara Menggunakan Wol Baja untuk Mencegah Hama Masuk ke Rumah

Tak heran, cara ini terbilang efektif mengusir tikus tanpa perlu menggunakan racun. Hal ini karena wol dapat terjepit di bawah pintu atau sela-sela lubang lainnya.

Tikus tidak dapat mengunyah logam dan ujung wol baja yang tajam akan menusuk hidung atau melukai gigi tikus jika mencoba masuk. 

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus Organik dari Umbi Gadung   

Lokasi terbaik meletakkan wol baja

Ilustrasi wol baja, ilustrasi spons cuci piring bajaShutterstock/Emily Li Ilustrasi wol baja, ilustrasi spons cuci piring baja
Cooper Pest Solutionsmenjelaskan, lubang atau retakan dinding, area di dekat alas tiang, sekitar pipa, kabel, dan kabel utilitas rentan dimasuki tikus. 

Tikus tidak memiliki tulang selangka sehingga dapat masuk ke celah sekecil apa pun. Karena itu, gunakan wol baja untuk menutupi setiap celah dan mencegah tikus masuk ke rumah.

Integrity Pest Management merekomendasikan menutup setiap lubang di rumah dengan wol baja dan mendempul di sekitarnya guna mengamankan segel wol baja tersebut. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Tikus, Pakai Cuka Putih hingga Sabun Cuci Piring

Dempul menghaluskan tambalan wol dan mencegah tikus menarik atau menendang wol baja keluar.

Perbaikan ini terbukti tidak dapat dikunyah atau ditembus tikus. Memakan wol baja bisa berakibat fatal bagi tikus.

Sebaiknya, menggunakan wol baja tahan karat dengan kekasaran sedang dan dempul silikon dianggap sebagai bahan terbaik untuk mencegah tikus masuk dari lubang rumah mana pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com