Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Rumah dengan Wol Baja

Selain itu, seekor tikus dapat bertahan hidup saat jatuh dari ketinggian 15 meter. Namun, ada satu hal yang tidak dapat dilakukan hewan pengerat itu adalah menembus penghalang wol baja untuk membuat kekacauan di dapur, lemari, dan laci. 

Secara konvensional, wol baja digunakan untuk membersihkan panci dan wajan. Namun, wol yang abrasif ini juga berguna mencegah tikus masuk rumah. 

Dilansir dari House Digest, Rabu (28/9/2022), wol baja adalah kawat logam halus yang dikelompokkan bersama menjadi lembaran atau bantalan.

Wol baja sangat cocok untuk mengusir hama, terutama bila digunakan dengan dempul silikon. Menyegel lubang, celah, dan titik masuk laiinya dengan wol baja dapat secara efektif mencegah tikus masuk.  

Tak heran, cara ini terbilang efektif mengusir tikus tanpa perlu menggunakan racun. Hal ini karena wol dapat terjepit di bawah pintu atau sela-sela lubang lainnya.

Tikus tidak dapat mengunyah logam dan ujung wol baja yang tajam akan menusuk hidung atau melukai gigi tikus jika mencoba masuk. 

Tikus tidak memiliki tulang selangka sehingga dapat masuk ke celah sekecil apa pun. Karena itu, gunakan wol baja untuk menutupi setiap celah dan mencegah tikus masuk ke rumah.

Integrity Pest Management merekomendasikan menutup setiap lubang di rumah dengan wol baja dan mendempul di sekitarnya guna mengamankan segel wol baja tersebut. 

Dempul menghaluskan tambalan wol dan mencegah tikus menarik atau menendang wol baja keluar.

Perbaikan ini terbukti tidak dapat dikunyah atau ditembus tikus. Memakan wol baja bisa berakibat fatal bagi tikus.

Sebaiknya, menggunakan wol baja tahan karat dengan kekasaran sedang dan dempul silikon dianggap sebagai bahan terbaik untuk mencegah tikus masuk dari lubang rumah mana pun.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/28/082300076/cara-mencegah-tikus-masuk-ke-rumah-dengan-wol-baja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke