Kompas.com - 28/09/2022, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan anak-anak di rumah terkadang mempengaruhi desain dan penataan di rumah, termasuk dapur

Walhasil, desain dapur tidak hanya berpatok pada estetika semata, tapi juga mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyaman bagi si kecil. 

Baca juga: Keuntungan Menerapkan Dapur Ramah Anak di Rumah

Dengan menerapkan dapur ramah anak, si kecil bisa menemani bunda ketika memasak dan tak khawatir terhadap berbagai risiko buruk seperti terbentur benda keras, terjatuh, dan terkena benda tajam atau berat. 

Selain itu, membantu kecil mengeksplor kemampuan dan mengenalkan anak pada hal-hal baru. 

Kevin Kusuma, Creative Director dari Studio Kuskus, mengatakan konsep rumah atau dapur ramah anak adalah jawaban desain yang mengedepankan keamanan si kecil sambil tetap membiarkannya bereksplorasi sebebas mungkin.  

Baca juga: 5 Posisi Terbaik Meletakkan Kulkas di Dapur

Maka itu, dapur ramah anak penting diterapkan di rumah yang mempunyai anak kecil, terlebih bila tidak memiliki asisten rumah tangga. 

"Apalagi, konsep rumah modern umumnya dapur berada di ruangan yang sama dengan ruang makan dan ruang keluarga sehingga membuat volume anak berkumpul di tempat ini atau dapur semakin besar," imbuhnya kepada Kompas.com dihubungi via pesan teks, baru-baru ini.

Kevin menjelaskan, cara menciptakan dapur ramah anak tidak sulit, tetapi Anda perlu menyiapkan bujet lebih besar karena ada banyak peralatan yang dibutuhkan demi menjaga keamanan anak. 

Nah, Studio Kuskus membagikan sejumlah cara menciptakan dapur ramah anak seperti berikut ini. 

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Ruang Bermain Ramah Anak di Dalam Rumah

Buat kitchen island 

Ilustrasi dapur terbuka, ilustrasi kitchen islandUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi dapur terbuka, ilustrasi kitchen island
Apabila rumah atau dapur memiliki ruang lebih, buatlah kitchen island. Selain menjadi meja persiapan untuk memasak, island dapur bisa menjadi tempat anak makan, duduk, dan beraktivtas.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.