Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2022, 21:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Memiliki tanaman di dalam rumah tak hanya menjadikan tambahan elemen dekorasi, tapi juga mempunyai sejumlah manfaat untuk rumah seperti membersihkan udara kotor. 

Akan tetapi, untuk merawat tanaman dalam ruangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman tumbuh subur, terlebih menanam di rumah dengan area terbatas. 

Baca juga: Cara Meletakkan 5 Tanaman Pembersih Udara di Rumah

Siti Soraya Cassandra, co- founder Kebun Kumara, sebelum membawa tanaman ke dalam rumah, sebaiknya melakukan obeservasi terlebih dulu.

Misalnya, apakah ada sinar matahari yang mengenai area tanaman akan diletakkan? Jika ada, perhatikan berapa lama sinar matahari menyinari area tersebut. 

Cassandra menjelaskan, jika sinar matahari menyinari selama enam jam, tanaman sayur atau buah bisa menjadi pilihan seperti cabai, tomat, dan terong. 

Baca juga: 6 Tanaman Penyegar Udara yang Dapat Diletakkan di Dalam Rumah

Apabila sinar matahari hanya menyinari selama empat jam, tanaman herbal atau bumbu dapur bisa menjadi piliha seperti serai. 

"Jika hanya atau di bawah dua jam, bisa merawat tanaman hias. Sebelum merawat tanaman harus melihat ekosistem yang ada di area tersebut," kata Cassandra. 

Setelah itu, pilih wadah yang digunakan untuk tanaman. Misalnya, untuk rumah kecil, gunakan wadah yang tidak memakan banyak tempat. 

Solusi lain, atau menanam secara vertikal dan menggantung tanaman jika dinding terkena sinar matahari. 

Baca juga: 8 Tips Aman Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Pakai Sabun

"Bisa pula menanam jenis tanaman yang tidak memerlukan wadah dalam seperti kangkung dan bayam. Ini bisa ditanam di pot dangkal karena memiliki akar yang pendek," tambah Cassandra. 

Terakhir, tanaman tanaman yang Anda sukai untuk memudahkan perawatan dan menyukai prosesnya.

"Jangan mentang-mentang melihat sinar matahari yang cukup, akhirnya menanam tanaman yang sesuai dengan kebutuhan sinar matahari tanpa menyukainya. Pada akhirnya, kita tidak akan mau mengurusnya lagi," tutup Cassandra. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com