Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Tanaman di Rumah untuk Fisik dan Psikis Manusia

Kompas.com - 26/09/2022, 20:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Selama masa pandemi, berbagai kegiatan dilakukan di dalam ruangan, mulai dari bekerja, belajar, hingga berkumpul dengan keluarga.

Untuk memberikan rumah yang nyaman dan sehat, selain mendekorasi rumah dengan cantik, diperlukan elemen yang membuat rumah semakin memberikan kenyamanan. Salah satunya adalah tanaman.

Hal ini juga disampaikan oleh Siti Soraya Cassandra, Co-Founder Kebun Kumara, pada acara Rumahku, Ceritaku yang di IKEA Alam Sutera, Tangerang, Senin (26/9/2022). Menurut dia, tanaman memiliki dampak positif bagi manusia.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tanaman Lidah Mertua Tumbuh Cepat

Ilustrasi tanaman hias indoor, tanaman hias di dalam ruangan. PEXELS/HUY PHAN Ilustrasi tanaman hias indoor, tanaman hias di dalam ruangan.

Cassandra mengatakan, banyak riset yang menunjukkan alam memiliki peran dalam kehidupan manusia, dan tanaman memiliki dampak psikis yang bagus untuk manusia. Kehadiran warna hijau dari tanaman memang membuat sebuah dampak positif.

Ia menjelaskan, alasan inilah yang membuat banyak orang merawat tanaman di saat masa pandemi, karena mereka memerlukan dan membutuhkan ketenangan dari tanaman itu.

Tak hanya menghadirkan ketenangan di dalam rumah saja, namun kegiatan yang dilakukan bersama tanaman seperti merawat, menyiramnya dapat memberikan rasa tenang pada pemiliknya.

Satu hingga dua pot dapat memberikan efek positif di dalam rumah

Lebih lanjut, Cassandra menjelaskan, tidak ada patokan berapa banyak tanaman yang harus diletakkan di dalam ruangan, karena hanya dengan satu atau dua pot, pemilik rumah akan bisa merasakan dampak positifnya.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Mengelompokkan Tanaman Hias di Rumah

"Tidak ada patokan, lebih baik di mulai dari satu atau tiga pot saja, sehingga dapat dirawat dengan baik dan mudah, daripada merawat banyak tanaman namun pada akhirnya tidak terurus dengan baik," tambah Cassandra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com