Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2022, 14:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah tua memang memiliki harga lebih miring dibanding rumah bekas yang masih bagus atau rumah baru di sebuah perumahan.

Namun, kebanyakan rumah tua memerlukan renovasi atau pembaruan pada beberapa bagian, bahkan bagian paling penting seperti atap, dinding, dan pondasi rumah. 

Baca juga: 5 Renovasi yang Harus Dilakukan Saat Membeli Rumah Tua, Apa Saja?

Jika Anda baru saja membeli rumah tua atau tinggal di rumah yang sudah lama dan ingin merapikan atau memperbarui tampilannya, Anda perlu melakukan beberapa perbaikan meski tak perlu merenovasinya secara total.

Nah, dikutip dari My Decorative, Jumat (23/9/2022), berikut empat ide memperbarui tampilan rumah tua menjadi tampak baru. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Tua

Merenovasi kamar mandi

Ilustrasi kamar mandi, kloset di kamar mandi.UNSPLASH/STEVEN UNGERMANN Ilustrasi kamar mandi, kloset di kamar mandi.
Area pertama di rumah yang harus dilakukan pada rumah tua adalah kamar mandi. Tidak ada yang menyukai menggunakan kamar mandi yang telah digunakan oleh banyak keluarga di masa lalu, terlebih bila bak mandi dan klosetnya masih asli.

Kamar mandi utama harus menjadi proyek pertama yang ditangani. Awalnya, Anda harus meminta tukang ledeng kamar mandi memeriksa saluran pipa untuk memastikan bahwa Anda dapat merenovasi kamar mandi persis seperti yang diinginkan.

Setelah itu, mengganti bak mandi dan kloset dengan tampilan lebih modern sesuai selera Anda. 

Baca juga: 3 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Merenovasi Rumah Tua

Dinding 

Salah satu perubahan termudah yang dapat dilakukan untuk rumah tua adalah memperbaiki dinding. Banyak rumah tua memiliki wallpaper yang buruk. Meski merobeknya bisa menjadi berantakan dan melelahkan.

Namun, ini harus dilakukan untuk membuat pilihan yang tepat untuk menyegarkan tampilan rumah tua. Pilih cat dinding dengan warna cerah, menarik, serta selaras dengan dekorasi ruangan

Baca juga: Ingin Membeli Rumah Tua? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu

Furnitur

Ilustrasi furnitur kayu.Shutterstock/LEKSTOCK 3D Ilustrasi furnitur kayu.
Memperbarui tampilan rumah terkadang tidak perlu mengubah struktur rumah. Cukup mengganti furnitur. Tentu Anda tidak ingin menggunakan furnitur di rumah tua yang telah diduduki orang lain selama bertahun-tahun. 

Untuk itu, singkirkan furnitur lama, terlebih bila memiliki kerusakan besar. Sebagai gantinya, gunakan furnitur baru atau memperbaiki kerusakan dan mengecat ulang memberi tampilan baru. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Tua Bekas

Pencahayaan

Terakhir, ide pembaruan yang mudah dilakukan adalah mengganti pencahayaan. Rumah yang lebih tua biasanya menggunakan sistem pencahayaan yang tidak memenuhi kebutuhan modern.

Dengan membawa cahaya terang, dapat membuka ruang untuk jendela baru untuk menerangi ruangan dan mengubahnya sepenuhnya.

Memperbaiki rumah tua sebetulnya tidak sulit, tapi juga tidak mengharuskan Anda untuk meruntuhkan semuanya. Keempat ide proyek ini dapat memberi tampailan rumah tua tampka baru serta mengundang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com