Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Tangki Kloset Berjamur dan Cara Menghilangkannya

Kompas.com - 23/09/2022, 09:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur adalah salah satu masalah di rumah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dan kerusakan. Lingkungan yang basah dan gelap dapat mendukung pertumbuhan jamur, termasuk di kamar mandi.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Jumat (23/9/2022), kondisi yang basah dan gelap di dalam tangki kloset menyediakan lingkungan yang ideal bagi jamur untuk tumbuh.

Lebih buruk lagi, jamur bisa tumbuh di luar tangki kloset jika kondensasi dan kelembapan ruangan bergabung untuk menciptakan kondisi yang tepat.

Baca juga: Cara Membuat Kloset Selalu Bersih dengan Satu Bahan Ini

Ilustrasi kamar mandi, kloset di kamar mandi.UNSPLASH/STEVEN UNGERMANN Ilustrasi kamar mandi, kloset di kamar mandi.

Tidak sulit untuk menghilangkan jamur, tetapi menghilangkannya membutuhkan ketekunan dan kewaspadaan.

Meskipun jamur tidak memiliki efek yang sama pada semua orang, Institute of Medicine menemukan pada tahun 2004 bahwa ada cukup bukti untuk menghubungkan jamur dengan penyakit pernapasan bagian atas dan batuk, lapor Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Selain itu, jamur dapat menyebabkan gejala asma pada orang dengan penyakit itu.

Para peneliti telah menyarankan hubungan dengan efek kesehatan yang merugikan lainnya, seperti kehilangan ingatan dan kelesuan, tetapi tidak ada hubungan sebab akibat yang terbukti. Singkatnya, jika Anda sensitif terhadapnya, jamur dapat menyebabkan ketidaknyamanan pernapasan yang cukup besar.

Baca juga: Cara Membersihkan Nat di Sekitar Kloset

Bahkan jika Anda tidak terlalu sensitif, jamur menciptakan lingkungan di mana Anda lebih mudah terkena infeksi paru-paru.

Cara menghilangkan jamur

Meskipun ada banyak jenis jamur, dan beberapa tidak berbahaya seperti yang lain, CDC merekomendasikan untuk menghilangkan jamur kapan pun Anda menemukannya. CDC menyarankan untuk menggunakan larutan deterjen atau air atau larutan 1 cangkir pemutih klorin untuk 3 liter air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com