Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Lidah Kucing, Tekstur Kasar dan Sensitif Garam

Kompas.com - 22/09/2022, 20:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam fakta menarik seputar kucing, salah satunya tentang lidahnya. 

Sama dengan manusia, lidah kucing bermanfaat menyicipi rasa masakan. Namun, lidah kucing juga memiliki kegunaan dan menyimpan berbagai fakta unik. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (22/9/2022), berikut sejumlah fakta menari lidah kucing yang perlu diketahui.

Baca juga: 12 Fakta Menarik Kucing Korat, Dianggap Membawa Keberuntungan

Teksturnya seperti ampelas

Ilustrasi lidah kucing.SHUTTERSTOCK / Ukki Studio Ilustrasi lidah kucing.

Disadur dari Pet MD, Kamis (22/9/2022), lidah kucing dilapisi duri kecil bernama papila yang memiliki panjang bervariasi dan ditutupi keratin  sangat kuat. Inilah yang membuat lidah kucing terasa seperti ampelas ketika menyentuh kulit manusia. 

Mark Freeman, Assistant Professor di Virginia-Maryland College of Veterinary Medicine, Amerika Serikat (AS), mengatakan lapisan keratin juga membuat papila sangat kuat. “Jika melihat lebih dekat, duri-duri ini mengarah ke bagian belakang mulut,” paparnya. 

Arah papila dapat dikatakan sebagai pedang bermata dua. Di satu sisi, dapat membantu kucing melucuti daging dari tulang mangsanya dan mengekstraksi jumlah nutrisi maksimum dari mangsanya.

Baca juga: 8 Fakta Menarik Kucing Caracal, Pemburu Andal dan Suka Menyendiri

Di sisi lain, papila membantu mengarahkan makanan ke bagian belakang mulut. Namun, bisa juga menjebak sesuatu yang tidak seharusnya dimakan sahabat bulu.

“Jika kucing bermain dengan sesuatu seperti benang atau karet gelang dan memasukkannya ke dalam mulut, papila akan mengarahkannya tepat ke bagian belakang tenggorokan,” ucap Freeman. 

Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti lidah yang terlilit benang atau tersangkut di tenggorokan kucing.

Baca juga: 3 Alasan Lidah Kucing Terasa Kasar Seperti Ampelas

Bisa mengangkat remah dan kotoran pada bulu

Ilustrasi lidah kucing, ilustrasi kucing menjilat bulunya.SHUTTERSTOCK / Minoute Ilustrasi lidah kucing, ilustrasi kucing menjilat bulunya.

Selanjutnya, fakta menarik lidah kucing adalah bisa mengangkat remah dan kotoran pada bulunya. Kucing sering menjilati bulunya sebagai bentuk perawatan diri. Dalam hal ini, papila bekerja sebagai pengangkat remah dan kotoran yang menempel pada bulu.

Ryane E. Englar, Assistant Professor dan Clinical Education Coordinator di Kansas State University, AS, mengatakan ini adalah metode efektif untuk menjaga bulunya tetap bersih.

Penampung air

Freeman mengungkapkan kucing juga menggunakan lidahnya untuk minum. Namun, fungsinya tidak sekadar membantu kucing “menjilati” air.

“Kucing tidak pernah memasukkan mulutnya ke dalam air. Mereka memasukkan lidahnya ke dalam air dan mengangkatnya dengan sangat cepat,” jelasnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com