Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini 4 Cara Menata Furnitur di Kamar Tidur

Kompas.com - 22/09/2022, 17:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kamar tidur yang sempurna, dari memasukkan furnitur, memilih warna palet yang indah, item dekorasi, hingga menerapkan gaya menarik di kamar tidur. 

Semua hal itu sama pentingnya. Namun, ada satu hal yang sering diabaikan dibanding lainnya dalam mendesain kamar tidur, yakni penempatan furnitur. 

Baca juga: 3 Warna Pencahayaan yang Disarankan di Kamar Tidur

Furnitur di kamar tidur tidak hanya sekadar berapa banyak yang dimiliki, tapi juga bagaimana menampilkan semenarik mungkin sehingga membuat ruang tampak nyaman serta mengundang. 

Nah, untuk memudahkah Anda mengaturnya, berikut cara menata furnitur di kamar tidur dikutip dari My Decorative, Kamis (22/9/2022). 

Posisi menempatan tempat tidur 

Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.Shutterstock/Svet_Feo Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.

Tempat tidur biasa menjadi titik fokus di kamar tidur karena merupakan furnitur terbesar. Untuk itu, harus fokus pada penempatan tempat tidur. 

Pertama, hindari menempatkan tempat tidur di bawah jendela karena jendela yang terbuka dapat membuat angin masuk dan mengganggu tidur. 

Kedua, pastikan tidak menempatkan tempat tidur dalam posisi yang dapat menghalangi pintu atau jalan lain ke kamar tidur. 

Baca juga: 8 Ide Penggunaan Warna Netral untuk Dekorasi Kamar Tidur yang Nyaman

Dalam situasi ideal, tempatkan tempat tidur di dinding yang berlawanan dengan pintu dan tidak sejajar dengan pintu.

Pilihan yang sama baiknya adalah menempatkan tempat tidur di dinding yang diagonal ke pintu serta berpusat di tengah dinding. Ini dikenal sebagai posisi "perintah" dalam feng shui dan posisi yang membuat Anda merasa paling didukung serta nyaman. 

Pilih furnitur besar ke kecil

Setelah mengetahui posisi terbaik meletakkan tempat tidur, teruslah mengatur sisa furnitur dari barang-barang terbesar hingga terkecil.

Biasanya, dimulai dari meja rias, diikuti meja, meja samping tempat tidur, serta akhirnya lemari dan kursi.

Paling umum untuk menempatkan lemari di seberang tempat tidur, meja di samping tempat tidur, dan meja di salah satu sudut ruangan. Namun, penempatan ini akan bervariasi sesuai dengan ukuran kamar tidur dan selera Anda. 

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Feng Shui di Kamar Tidur

Menggambar sketsa

Ilustrasi kamar tidur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar tidur.
Memulai dengan sketsa ruangan yang Anda inginkan dapat sangat membantu mendekorasi kamar tidur. 

Menggambar sketsa tidak hanya membantu Anda bermain-main dengan ide-ide yang berbeda, tetapi juga amengetahui penempatan furnitur yang ideal tanpa harus melakukan pengangkatan berat atau menggaruk lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com