Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Mengingat Pemiliknya dan Orang Lain?

Kompas.com - 17/09/2022, 13:03 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memelihara kucing, kamu mungkin penasaran tentang ingatan teman berbulumu itu kepadamu maupun orang lain.

Rasa penasaran ini adalah hal yang wajar, mengingat kucing peliharaan terkesan cuek dan tidak peduli dengan pemiliknya, kecuali makanannya.

Lantas, apakah kucing mengingat pemiliknya dan orang lain? Ingatan apa saja yang bisa mereka ingat?

Baca juga: 4 Manfaat Memelihara Kucing untuk Kesehatan

Dilansir dari The Dodo, Sabtu (17/9/2022), Dr. Jacob Hawthorne, dokter hewan dan pendiri Thank Your Vet Organization akan memberikan jawabannya terkait hal tersebut.

Ketika kucing jadi lebih pendiam daripada biasanya, bisa jadi ia tengah menderita laringitis.Unsplash/Erik Jan Leusink Ketika kucing jadi lebih pendiam daripada biasanya, bisa jadi ia tengah menderita laringitis.
Berapa lama ingatan kucing?

Kucing dewasa biasanya dianggap memiliki ingatan yang sangat baik jika dibandingkan dengan hewan pendamping atau peliharaan lainnya.

Dr Hawthorne berkata bahwa sudah umum bagi kucing untuk mengingat kamu (pemiliknya), bahkan jika mereka tidak melihatmu selama bertahun-tahun.

Menurut Dr. Hawthorne, penting untuk dicatat bahwa anak kucing biasanya memiliki ingatan yang lebih buruk dibandingkan dengan kucing dewasa, yang mana hal serupa terjadi pada bayi manusia.

Apakah kucing memiliki ingatan jangka pendek?

Baca juga: Alasan Kucing Suka Melompat dan Tinggi Lompatannya

Memori atau ingatan jangka pendek mengacu pada kapasitasmu untuk menyimpan informasi dalam waktu yang singkat.

Ketika berbicara tentang memori jangka pendek dan kucingmu, kucing memiliki memori jangka pendek untuk mengenali dan mengingat manusia (serta hewan lain), bahkan setelah hanya satu interaksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com