Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Buat Visi Bisnis Mengubah Dunia dengan Teknologi 8K+5G dan AIOT

Kompas.com - 17/09/2022, 11:51 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tanggal 15 September 2022, Sharp Corporation memperingati hari jadinya yang ke-110 tahun.

Pada 110 tahun silam, Tokuji Hayakawa, pendiri Sharp, mendirikan toko pengerjaan logam di Tokyo dan berinovasi melahirkan ‘Pensil Sharp’, sebuah pensil mekanik tipe twist yang selanjutnya menjadi asal mula nama merek korporasi hingga sekarang.

Pada ulang tahunnya yang ke-110, Sharp menetapkan visi bisnis-nya ‘Mengubah dunia dengan teknologi 8K+5G dan AIOT’.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Posisi Sofa dan Televisi yang Ideal agar Nyaman

Teknologi 8K adalah ultra high definition generasi lanjutan dengan resolusi empat kali lipat (7,680 x 4,320 piksel: 33.18 resolusi dengan jutaan piksel) dari 4K (3.840 x 2.160 piksel: resolusi sekitar 8,29 juta piksel), dan 16 kali lipat dari resolusi saat ini, siaran dengan hasil 2K vision (1.920 x 1080 piksel: sekitar 2,07 juta piksel).

Teknologi 8K menghasilkan gambar yang sangat tajam seperti aslinya dan menghasilkan penemuan baru yang mengagumkan.

Sedangkan teknologi 5G adalah generasi lanjutan dari transmisi data selular. Dengan kemajuan signifikan pada kecepatan dan kapasitas transmisi data, ini menghasilkan latensi sangat rendah dan konektivitas multi-terminal.

Teknologi 5G memperluas komunikasi untuk memfasilitasi konektivitas menyeluruh antara pengguna dan semua jenis perangkat.

AIoT adalah kombinasi unik dari teknologi AI (Artificial Intellegence) dan IoT (Internet of Things), teknologi berbasis indra peraba (taktil) dan intuitif yang diciptakan melalui aplikasi dengan konektivitas cloud dan AI ke dalam rangkaian peralatan elektronik sehari-hari yang orang-orang gunakan.

Hal itu menyempurnakan perangkat elektronik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, individu, dan masyarakat secara keseluruhan.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Sharp mengutamakan 3 prinsip dalam bisnis-nya, yaitu Smart Life, 8K Ecosystem, dan ICT, secara bersamaan dengan dua bisnis perangkat, yakni perangkat display dan perangkat elektronik yang mendukungnya terintegrasi dalam meraih bisnis ‘One Sharp’.

Baca juga: Cara Merawat TV LED agar Layarnya Tidak Bergaris

Sharp menghadirkan produk-produk unggulan untuk keperluan rumah tangga seperti AQUOS untuk merek TV dan smartphone.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com