Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

Kompas.com - Diperbarui 18/07/2023, 21:20 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendapatkan dapur dan kamar mandi terbaik, sebaiknya posisi atau penempatannya disesuaikan dengan feng shui. Sebab, posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui dipercaya dapat mendatangkan kebaikan.

Mulai dari mendatangkan rezeki hingga energi yang positif, ada beragam manfaat dari posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui.

 

Berikut ini adalah tujuh posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui.

Ilustrasi kamar mandi mewah.UNSPLASH/RC CF Ilustrasi kamar mandi mewah.

1. Posisi dapur dan kamar mandi tidak berhadapan atau berdekatan

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui adalah tidak berhadapan maupun berdekatan. Sebab, kamar mandi mempunyai unsur air yang dapat memadamkan dapur dengan elemen api yang ada pada ilmu feng shui.

Apabila kamu memiliki rumah tingkat, usahakan agar area dapur di bawah tidak bersentuhan langsung dengan area kamar tidur atau kamar mandi di atasnya.

2. Kamar mandi tidak dekat dengan tempat tidur

Baca juga: Hindari, 2 Warna Cat Ini Dapat Membuat Kamar Mandi Terlihat Kotor

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik selanjutnya adalah tidak dekat dengan tempat tidur. Ini karena posisi tersebut dianggap akan mengganggu kesehatan penghuni rumah, mengingat area kamar mandi maupun dapur dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman.

Jadi, apabila kamu tidak rajin membersihkan dapur dan kamar mandi, itu bisa menimbulkan bibit penyakit yang dapat mengganggu kesehatan.

3. Memisahkan elemen api dan air yang ada di dapur

Lima unsur yang selalu ditekankan dalam ilmu feng shui adalah api, air, kayu, logam, dan tanah. Kelima unsur tersebut saling terkait satu sama lain, tetapi ada beberapa yang tidak bisa disatukan, salah satunya adalah air dan api.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com