Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sharp Buat Visi Bisnis Mengubah Dunia dengan Teknologi 8K+5G dan AIOT

Pada 110 tahun silam, Tokuji Hayakawa, pendiri Sharp, mendirikan toko pengerjaan logam di Tokyo dan berinovasi melahirkan ‘Pensil Sharp’, sebuah pensil mekanik tipe twist yang selanjutnya menjadi asal mula nama merek korporasi hingga sekarang.

Pada ulang tahunnya yang ke-110, Sharp menetapkan visi bisnis-nya ‘Mengubah dunia dengan teknologi 8K+5G dan AIOT’.

Teknologi 8K adalah ultra high definition generasi lanjutan dengan resolusi empat kali lipat (7,680 x 4,320 piksel: 33.18 resolusi dengan jutaan piksel) dari 4K (3.840 x 2.160 piksel: resolusi sekitar 8,29 juta piksel), dan 16 kali lipat dari resolusi saat ini, siaran dengan hasil 2K vision (1.920 x 1080 piksel: sekitar 2,07 juta piksel).

Teknologi 8K menghasilkan gambar yang sangat tajam seperti aslinya dan menghasilkan penemuan baru yang mengagumkan.

Sedangkan teknologi 5G adalah generasi lanjutan dari transmisi data selular. Dengan kemajuan signifikan pada kecepatan dan kapasitas transmisi data, ini menghasilkan latensi sangat rendah dan konektivitas multi-terminal.

Teknologi 5G memperluas komunikasi untuk memfasilitasi konektivitas menyeluruh antara pengguna dan semua jenis perangkat.

AIoT adalah kombinasi unik dari teknologi AI (Artificial Intellegence) dan IoT (Internet of Things), teknologi berbasis indra peraba (taktil) dan intuitif yang diciptakan melalui aplikasi dengan konektivitas cloud dan AI ke dalam rangkaian peralatan elektronik sehari-hari yang orang-orang gunakan.

Hal itu menyempurnakan perangkat elektronik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, individu, dan masyarakat secara keseluruhan.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Sharp mengutamakan 3 prinsip dalam bisnis-nya, yaitu Smart Life, 8K Ecosystem, dan ICT, secara bersamaan dengan dua bisnis perangkat, yakni perangkat display dan perangkat elektronik yang mendukungnya terintegrasi dalam meraih bisnis ‘One Sharp’.

Sharp menghadirkan produk-produk unggulan untuk keperluan rumah tangga seperti AQUOS untuk merek TV dan smartphone.


Kemudian, teknologi plasmacluster yang dibenamkan pada produk pembersih udara, AC, lemari es, mesin cuci, dan penyedot debu.

Sementara itu, merek Healshio untuk produk oven dan panci masak anhydrous untuk penggunaan dapur.

Produk-produk Sharp juga banyak digunakan di perkantoran, seperti printer multi-fungsi, monitor, sistem tampilan interaktif, PC, notebook dan lain lain.

Sistem yang mengintegrasikan layanan dengan perangkat keras dan lunak juga diperkenalkan oleh perusahaan, yang dikenal sebagai layanan COCORO+, bersama dengan sistem 8K+5G lainnya digunakan untuk sistem perkantoran, dan lain-lain.

Berdasarkan kredo bisnis nya ‘Kejujuran dan Daya Cipta’, pendiri Sharp, Tokuji Hayakawa bercita-cita untuk ‘menciptakan produk yang ingin di tiru oleh perusahaan lain’.

Sharp terus memperkenalkan inovasi produk dan solusi unik menjadi yang pertama di dunia dan yang pertama di Jepang untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat.

Hasilnya, Sharp telah mencapai banyak tonggak sejarah selama 110 tahun dengan produk dan solusinya. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

• Mengenalkan TV LCD merek AQUOS dari tahun 2001 dan mendistribusikan hingga 500 juta unit pada akhir September 2020.

• Mengembangkan pembangkit listrik fotovoltaik sejak 1959 hingga kini selama lebih dari 60 tahun.

• Memperkenalkan teknologi unggulan pemurnian udara Plasmacluster pada Oktober 2000 dan mencapai 100 juta unit dikirim ke seluruh dunia pada Oktober 2021.

• Mengembangkan kalkulator all-transistor pertama di dunia pada tahun 1964 dan merayakan 50 tahun dalam bisnis kalkulator pada 2014.

• Mengembangkan ponsel sejak 1994 dan menghadirkan banyak produk unggulan di industri telepon genggam seperti ponsel pertama yang dilengkapi kamera pada tahun 2000.

• Mengembangkan oven microwave konveksi sejak tahun 1961 dan memperkenalkan model produksi massal pertama Jepang pada tahun 1962 (merayakan ulang tahun ke-60 pada tahun 2022).


• Memperkenalkan multi-copier pertama pada tahun 1972 dan merayakan ulang tahun ke-50 pada tahun 2022.

• Memulai produksi masker wajah mulai Februari 2020 dan mencapai total 300 juta pengiriman pada November 2021.

Kegiatan hari jadi ke-110 tahun

Memperingati perayaan hari jadinya ke-110 tahun, Sharp melakukan sebuah kampanye sebagai ungkapan rasa terima kasihnya kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan mereka terhadap perusahaan selama ini.

Sebagai bentuk simbolis akan kontribusi Sharp untuk masa depan. Tepat di hari jadinya ke 110 tahun PT Sharp Electronics Indonesia melakukan program penanaman 11.000 pohon di lahan seluas 30 KM sepanjang aliran sungai Citarum desa Wadas, Sungai Cibeet desa Parungsari, Sungai Citarum Desa Adiarsa dan lokasi pegungan Loji kecamatan Tegal Waru.

Penanaman 11.000 pohon terdiri dari 3 jenis pohon, yaitu Mahoni sebanyak 4.000 pohon, Sengon sebanyak 3.000 pohon dan Akasia sebanyak 4.000 pohon.

Secara simbolik penanaman pohon ini di lakukan di daerah aliran sungai Citarum Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh presiden direktur Sharp Indonesia, Shinji Teraoka, Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, Kepala Dinas Sosial Kabupaten karawang, Drs. Ridwan Salam, Sekertaris Dinas BPBD, H. Dadang Taufiq, dan KASDIM Komando Distrik Militer 0604 Karawang Mayor Infanteri Jaja Jamaludin.

Mereka sukses menanam 110 pohon sebagai aksi nyata dalam melindungi wilayah aliran sungai dari bahaya longsor dan banjir.

Setiap 1 pohon yang tumbuh besar nantinya akan mampu memproduksi oksigen sekitar 130 kg pertahun.

Jika di konversikan secara total, pohon-pohon ini akan menghasilkan oksigen sebanyak 1.430.000 kg atau setara 1.430 ton.

Sejalan dengan isu yang diangkat dalam agenda presidensi G20 yaitu merealisasikan aksi nyata pengendalian perubahan iklim.

Program penanaman ini pun menjadi kontribusi Sharp dalam mensukseskan program pemerintah Indonesia yang menargetkan penurunan emisi karbon sebesar 29 persen pada tahun 2030 dan visi Sharp sendiri yang menargetkan penurunan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 60 persen di tahun 2035.


Selain mengontrol keluaran emisi dari produkfitas bisnisnya, Sharp pun secara aktif melakukan kegiatan lingkungan guna mendukung target penurunan karbonnya.

Tidak terhenti pada kegiatan penanaman, Sharp bersama Human Initiative melibatkan beberapa komunitas lingkungan dan masyarakat Karawang untuk memantau perkembangan pohon-pohon tersebut.

Jika pohon tersebut berusia dewasa, diperkirakan akan mampu menyerap karbon sebanyak 264.338 Ton.

Selain berfungsi menyerap karbondioksida dan mensuplai oksigen, pohon-pohon ini akan berfungsi sebagai pengikat tanah guna menghindari bencana banjir dan longsor.

“Di mana penanaman di daerah aliran sungai merupakan program pemerintah daerah untuk menghindari dampak buruk aliran sungai pada musim penghujan yang dapat merugikan masyarakat sekitar,” jelas Ridwan Salam.

Selain program tersebut dalam rangka perayaan hari jadinya yang ke-110, Sharp pun menggelar beragam promo penjualan seperti Sharp Aquos Game Competition, Sharp Lovers Day - Super Untung, program vaksinasi Sharp Ada Untukmu dan masih banyak lagi.

"Kami Berharap melalui program-program ini, Sharp di Indonesia dapat memberikan dampak positif terhadap pelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat khususnya Karawang sebagai lokasi operasional Sharp”, ungkap Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia di sela-sela acara penanaman pohon di desa Wadas, Karawang.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/17/115100976/sharp-buat-visi-bisnis-mengubah-dunia-dengan-teknologi-8k-5g-dan-aiot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke