Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 20/02/2023, 10:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda merapikan lemari pakaian dan menemukan pakaian dan sepatu berjamur? Alih-alih membuang pakaian dan sepatu berjamur, mengapa tidak mencoba menyelamatkannya?

Menemukan jamur di pakaian dan sepatu adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang. Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Sabtu (17/9/2022), karena kondisi yang lembap, termasuk musim dingin yang basah dan musim hujan, spora-spora sering muncul di rumah.

Namun ada cara membersihkan pakaian dan sepatu berjamur yang dapat dilakukan dengan cukup mudah. Berikut beberapa di antaranya.

Baca juga: Cara Membersihkan Koper Berjamur agar Tidak Bau dan Rusak

Menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kaos malah dapat membuatnya cepat rusak.SHUTTERSTOCK/ANTONIODIAZ Menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kaos malah dapat membuatnya cepat rusak.

1. Gunakan air panas

Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan jamur dari pakaian dan sepatu adalah dengan mencucinya dengan air panas. Sebelum mencuci, periksa label perawatan terlebih dahulu untuk melihat apakah pencucian air panas cocok.

Kemudian atur suhu air pada mesin cuci setinggi mungkin, kira-kira sekitar 60 derajat celcius selama setidaknya 10 hingga 30 menit.

Meskipun mencuci pakaian dan sepatu dengan air panas akan membunuh jamur dan lumut, itu tidak akan menghilangkan noda atau mencegah jamur kembali. Praktik terbaiknya adalah menghilangkan noda sebelum Anda mengeringkan pakaian dan sepatu.

Sebab, setelah dikeringkan, noda lebih sulit untuk dipindahkan.

Baca juga: Jangan Ditunda, Ini Cara Mencuci Handuk Berjamur

2. Pakai cuka dan soda kue

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com