Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Gorden agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

Kompas.com - 16/09/2022, 09:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Gorden menjadi elemen dekorasi yang tidak hanya membuat tampilan rumah semakin menarik, namun dapat memberikan efek ruangan lebih besar atau kecil.

Khususnya, ketika berbicara tentang seseorang yang tinggal di rumah kontrakan atau apartemen kecil, mereka tidak perlu mengubah tampilan apa pun di dalam ruangan untuk memberikan kesan besar, namun hanya perlu mengubah tampilan gorden.

Dilansir Home Guides SF Gate, Jumat (16/9/2022), bahkan, Anda juga dapat membuat ruang tamu terkecil sekali pun terlihat lebih luas. Berikut caranya. 

Baca juga: Catat, 6 Tanda Gorden Harus Segera Diganti

Ilustrasi gorden. FREEPIK/TOPNTP26 Ilustrasi gorden.

1. Gantung gorden lebih tinggi

Gorden  panel klasik membuat ruangan terlihat lebih luas saat Anda memasang batang gorden di dekat langit-langit, bukan di bingkai jendela. Sebuah panel gorden tinggi dan ramping, akan menarik perhatian ke atas di sepanjang gorden, menciptakan ilusi ketinggian.

Gantung gorden sekitar 10cm di atas bingkai jendela di kamar dengan cetakan langit-langit dan hingga 15cm di kamar tanpa cetakan.

2. Garis vertikal 

Gorden tipis dan ringan dengan garis vertikal menambah tinggi ruangan kecil. Hindari pola horizontal berwarna pekat atau motif bunga besar, yang cenderung mendominasi ruangan, menciptakan kesan ruang yang lebih sedikit.

Pilih dengan warna yang sama atau sedikit lebih terang dari dinding untuk memberikan konsistensi. Gorden tebal berwarna gelap memenuhi ruangan, membuatnya terlihat lebih kecil.

Baca juga: 5 Warna Gorden yang Harus Dihindari Menurut Desainer Interior

3. Batang gorden

Batang gorden yang dapat disesuaikan atau panjang membantu menciptakan ilusi kelapangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com