Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2022, 22:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber She Knows

JAKARTA, KOMPAS.com - Telur adalah salah satu bahan makanan yang lazim disimpan di kulkas. Namun demikian, sebenarnya berapa lama telur bisa disimpan di kulkas?

Dillansir She Knows, Kamis (15/9/2022), terkadang kita terlalu terlalu biasa dengan telur yang disimpan di kulkas sehingga tidak menyadari telur sudah mulai membusuk dan tidak layak dikonsumsi.

Untuk mengetahui masa simpan telur, Anda dapat memeriksa tanggal penjualan, yang mungkin memberi Anda sedikit petunjuk, tetapi itu tidak benar-benar memberi tahu Anda kapan tanggal kedaluwarsanya. 

Baca juga: Perbedaan Telur Ayam Coklat dan Putih, Mana Lebih Sehat?

ilustrasi telurFREEPIK/JCOMP ilustrasi telur

Meskipun kualitas terbaik telur adalah dalam waktu tiga minggu sejak tanggal pengemasan, berapa lama Anda dapat menyimpan telur di kulkas?

Departemen Pertanian AS (USDA) mengatakan bahwa masa konsumsi telur tidak boleh lebih dari 30 hari setelah tanggal pengemasan. Bila diperhatikan, telur yang dikemas dalam wadah yang dijual di pasar swalayan memiliki tanggal pengemasan, yaitu hari telur dicuci, dinilai, dan ditempatkan di karton.

USDA mengatakan pula, jika tanggal pengemasan telah lewat, telur harus tetap aman dan sehat jika ditangani dengan benar sampai waktu pembusukan terbukti.

Dalam laman resminya, USDA menyatakan, makanan basi akan menimbulkan bau, rasa, atau tekstur yang tidak enak karena bakteri pembusuk yang terjadi secara alami. Jika suatu makanan telah mengembangkan karakteristik pembusukan seperti itu, itu tidak boleh dikonsumsi.

Baca juga: Cara Menyimpan Telur Rebus agar Tahan Lama

Singkatnya, jika bau tidak sedap saat Anda membuka telur untuk dimasak, jangan dikonsumsi.

Menurut Foodsafety.gov, telur mentah dalam cangkangnya dapat disimpan di lemari es selama tiga hingga lima minggu. Pembekuan dalam cangkang tidak dianjurkan.

Halaman:
Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com