Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Memberikan Es Krim pada Anjing Peliharaan, Ini Bahayanya

Kompas.com - 13/09/2022, 08:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Es krim menjadi salah satu camilan favorit banyak orang. Es krim memiliki rasa yang nikmat, terlebih bila disantap saat cuaca panas. 

Tak jarang, beberapa pemilik anjing juga memberikan es krim pada sahabat bulu, entah sebagai camilan atau hadiah karena telah melakukan pekerjaan dengan baik. 

Baca juga: Bisakah Anjing Makan Tulang?

Namun, apakah es krim benar-benar aman untuk anjing peliharaan?

Secara umum, es krim tidak boleh diberikan pada anjing peliharaan karena bisa menyebabkan dampak buruk. 

Dilansir dari Mental Floss, Selasa (13/2/2022), anak anjing dapat mentoleransi susu sang induk dengan baik. Namun, saat dewasa, anjing peliharaan menjadi tidak toleran terhadap laktosa. 

Meski mengonsumsi dalam jumlah kecil sesekali tidak akan mengirim anjing peliharaan ke dokter hewan, es krim tetap tidak boleh menjadi makanan biasa untuk anjing.

Baca juga: 8 Ras Anjing Favorit Keluarga Kerajaan Inggris

Ilustrasi anjing Corgi.Unsplash/heyhoneybunny Ilustrasi anjing Corgi.
Memberi anjing peliharaan beberapa sendok es krim dapat menyebabkan gangguan pencernaan, dari gas ringan, diare, hingga muntah-muntah.

Hal ini bukan hanya disebabkan produk susu, tapi juga kandungan bahan-bahan dalam es krim dapat memicu reaksi yang lebih serius pada anjing peliharaan.

Gula asli tidak dapat ditoleransi dengan baik — dapat meningkatkan berat badan — dan pengganti gula seperti xylitol sebenarnya beracun.

Baca juga: Alasan Ratu Elizabeth II Mencintai Anjing Corgi daripada Ras Lain

Begitu juga coklat. Kafein dalam es krim rasa kopi atau teh dapat memicu reaksi buruk dan hal sama berlaku untuk varietas yang termasuk kacang macadamia atau kismis.

Semua kandungan ini dapat berdampak buruk untuk anjing, tapi banyak pemilik yang mengabaikannya. 

Sebagai solusi camilan yang baik untuk anjing peliharaan santap, terlebih saat cuaca panas, adalah memberikan pisang yang sudah dibekukan dan yogurt tawar (tidak dimaniskan atau dibekukan) bebas lemak. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Anjing-anjing Corgi Peliharaan Ratu Elizabeth II

Bisa pula memberikan es krim yang memang dibuat khusus untuk anjing. Ada beberapa produk es krim khusus anjing yang menggunakan mentega biji bunga matahari sebagai pengganti susu meski mengandung gula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com