Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ratu Elizabeth II Mencintai Anjing Corgi daripada Ras Lain

Kompas.com - 12/09/2022, 11:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9/2022), waktu setempat.

Kepergian Ratu Elizabeth II tak hanya meninggalkan kesedihan bagi warga Inggris, tapi juga pencinta hewan. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Anjing-anjing Corgi Peliharaan Ratu Elizabeth II

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II adalah pencinta hewan, khususnya anjing dan kuda. Ratu disebut memiliki 110 kuda pacu. Namun, tak ada yang mengalahkan kecintaan Ratu terhadap anjing Corgi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ratu Elizabeth II sangat mencintai anjing Corgi. Saking cinta, tak main-main, Ratu Elizabeth II telah membiakkan 14 generasi anjing Corgi dan memelihara lebih dari 30 anjing Corgi, tepatnya jenis Pembroke Welsh Corgi, selama 70 tahun berkuasa. 

Tak heran, hal ini membuat ibu dari Pangeran Charles—sekarang menjadi Raja Inggris—itu telah dikaitkan dengan anjing Corgi dan menjadi ciri khasnya.  

 

Kedekatan anggota Kerajaan Inggris dengan anjing bukan hal baru. Anjing selalu menjadi sahabat bulu tepercaya bagi anggota keluarga kerajaan Inggris.

Misalnya, anjing Cavalier King Charles Spaniel yang dipelihara Raja Charles I dan anjing Dachshund kesayangan Ratu Victoria. 

Lantas, apa yang membuat Ratu Elizabeth II begitu mencintai anjing Corgi?  

Baca juga: Mengenang Perjalanan Cinta Ratu Elizabeth II dan Anjing Corgi

Energi dan semangat liar 

Dikutip dari BBC, Senin (12/9/2022), ada sejumlah alasan yang membuat Ratu Elizabeth II sangat mencintai anjing Corgi. 

Menurut orang kepercayaan Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II lebih memilih anjing Corgi daripada ras anjing lain karena energi dan semangat liar mereka.

Anjing-anjing Corgi yang lucu itu telah dianggap Ratu sebagai keluarganya. Bahkan, Ratu Elizabeth II menyebut mereka sebagai "anak laki" dan "anak perempuan".  

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Corgi, Si Kecil Kesayangan Ratu Elizabeth II 

Ratu Elizabeth II sewaktu muda berfoto dengan salah satu anjing Corgi peliharaannya.Tangkapan layar Instragram/The Royal Family Ratu Elizabeth II sewaktu muda berfoto dengan salah satu anjing Corgi peliharaannya.
Kecintaan Ratu Elizabeth II dan anjing Corgi bukan sekadar cinta, tapi memiliki sejarah panjang.  

Pada 1933, saat Ratu Elizabeth II berusia tujuh tahun, ia melihat bahwa beberapa temannya memelihara anjing Corgi. Sang Ratu kemudian menginginkan memiliki ras anjing Corgi. 

Pembroke Corgi adalah pemandangan yang akrab di Wales, tetapi cukup baru di Inggris. Raja Raja George VI, ayah Elizabeth, mendekati seorang peternak dihormati bernama Thelma Gray. 

Singkat cerita, Raja George VI memberikan Ratu anjing Corgi pertama keluarga kerajaan bernama Dookie pada 1933. Ratu Elizabeth II dan anjing Corgi telah menjadi sahabat sejak saat itu.  

Baca juga: Tak Hanya Corgi, Ratu Elizabeth II Juga Penggemar Kuda, Punya 100 Ekor

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com