Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2022, 15:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur harus menjadi ruangan yang dapat membuat seseorang rileks dan nyaman setelah seharian beraktivitas.

Hal ini tak hanya berkaitan dengan keadaan ruangan, tapi juga penggunaan warna di dalamnya. Warna yang dipilih di kamar tidur harus memberi ketenangan. 

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Dapat Memberi Kenyamanan

Dilansir dari Homes to Love, Jumat (2/9/2022), kamar tidur dengan warna netral menjadi pilihan populer bagi mereka yang menyukai keindahan, tapi ini juga berisiko sedikit menjemukan.

Jadi, bagaimana mencapai keseimbangan sempurna antara nada sejuk dan warna menenangkan? Berikut lima cara menghadirkan warna di kamar tidur.

Gunakan nada

Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur.
Singkirkan skema warna kontras dari palet warna yang dipilih. Pilih warna-warna yang berasal dari nada yang sama untuk memberikan suasana yang santai. 

Jika tidak siap mengecat dinding, mulailah dengan warna dasar netral dan ubah tampilan ruangan melalui kursi, karpet, atau karya seni.

Warna netral seperti putih, abu-abu, atau cream cocok dengan setiap warna yang ada di ruanga. Padukan dengan pola dan tekstur berbeda untuk menambah kedalaman serta perhatikan nada dingin, netral, dan hangat yang dimiliki warna berbeda. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur agar Tampak Nyaman dan Mewah 

Gunakan tanaman

Bawalah alam bebas dengan menggunakan tanaman ke kamar tidur. Tanaman hijau dalam ruangan dapat menambah warna, aroma, kepribadian, dan alam ke sudut kamar tidur.

Baik meletakkan vas cantik dengan rangkaian bunga maupun tanaman hijau, bentuk dan tekstur organik akan melengkapi perabotan kamar tidur dengan baik.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Kecil Tampak Luas dengan Anggaran Minim

Pertimbangkan pencahayaan

Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel.
Pencahayaan berbeda mengubah tampilan warna serta suasana kamar tidur. Namun, hindari melakukan kesalahan dengan menguji coba palet warna Anda.

Gunakan contoh cat untuk melihat bagaimana warna menyatu dan berubah sepanjang hari. Warna interior yang paling tepat dapat dilihat pada siang hari, jadi pertimbangkan bagaimana cahaya alami berubah di kamar tidur.

Terakhir, manfaatkan pencahayaan lembut secara cerdas dengan menentukan area yang tidak dapat dijangkau cahaya alami dan lengkapi kamar tidur dengan lampu seperti lampu gantung atau sconce dinding.

Pencahayaan yang lembut dapat membantu mengisi bayangan kamar tidur pada malam hari dan membuat ruangan tampak lebih luas. Kehangatan pencahayaan lembut juga berperan dalam bagaimana warna akan muncul.  

Baca juga: 8 Benda yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Tidur, Beri Dampak Buruk

Pilih nada hangat atau dingin

Untuk menghindari warna yang terlalu banyak atau menciptakan kamar tidur yang tidak memberikan kenyamanan, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah memilih nada hangat atau dingin. 

Gunakan furnitur dan tekstil 

Ilustrasi kamar tidur bergaya farmhouse. Shutterstock/lilasgh Ilustrasi kamar tidur bergaya farmhouse.
Selain cat, ide terbaik menghadirkan warna pada kamar tidur adalah melalui furnitur atau tekstil.

Karpet adalah cara sederhana menambahkan semburat warna dengan cepat ke sebuah ruangan melalui detail desain seperti bahan dan pola yang secara instan meningkatkan drama ruangan. 

Baca juga: 3 Penyebab Kamar Tidur Banyak Debu dan Solusinya

Setelah itu, pilih fitur furnitur dalam rona cerah untuk membawa sentuhan pribadi ke kamar tidur. Seni dinding tidak hanya meningkatkan kuota warna pada ruangan, tetapi juga memberikan sentuhan akhir yang bergaya.

Baik cetak digital grafis maupun lukisan abstrak kaleidoskopik, seni adalah cara terbaik  membawa warna ke ruangan yang netral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com