Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2022, 18:34 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa acara televisi yang menggambarkan kucing selalu bertengkar dengan anjing. Walhasil, beberapa orang pun menganggap hal itu betul. 

Hal ini pula yang membuat mereka yang menyukai kedua hewan ini  terpaksa memilih salah satunya ketika ingin memelihara atau mengadopsi.  

Sebab, mereka tidak ingin kucing atau anjing peliharaan saling bertengkar dan melukai satu sama lain. Akan tetapi, benarkah anjing dan kucing suka berantem dan tidak disarankan memeliharanya bersama? 

Baca juga: 6 Alasan Anjing Melolong Seperti Serigala 

Perilaku masing-masing hewan terhadap satu sama lain

Ilustrasi anjing dan kucingShutterstock/Chendongshan Ilustrasi anjing dan kucing

Dikutip dari The Guardian, Kamis (1/9/2022), sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di University of Lincoln, Inggris, dan dipublikasi dalam Journal of Veterinary Behavior di Science Direct melakukan survei secara daring terhadap 748 pemilik rumah di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Eropa.

Para peneliti menemukan, kucing yang dipelihara dalam satu rumah yang sama dengan anjing tidak merasa kesulitan dalam menegaskan diri sendiri. 

Sebanyak, 80 persen pemilik anjing dan kucing merasa hewan peliharaannya nyaman satu sama lain dan hanya 3 persen menyatakan kucing dan anjing yang dipelihara tidak akur.

Baca juga: Catat, Ini Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anjing dan Kucing 

Terlepas dari gambaran umum tentang keharmonisan, survei mengungkapkan kucing jauh lebih antagonis daripada hewan lainnya.

Para pemilik melaporkan, kucing tiga kali lebih mungkin untuk mengancam anjing peliharaan daripada sebaliknya dan 10 kali lebih mungkin melukai mereka dalam perkelahian.

Selain itu, lebih dari seperlima anjing dilaporkan mengambil mainan untuk ditunjukkan kepada kucing, dibandingkan dengan hanya 6 persen kucing melakukan hal yang sama untuk anjing. 

Bekerja sama dengan Jessica Thomson dan Daniel Mills, penulis studi Sophie Hall menemukan anjing dan kucing jarang berkelahi.

57 persen pemilik mengatakan bahwa kucing peliharaan mereka mendesis dan memukul anjing dan 18 persen pemilik melaporkan bahwa anjing mengancam kucing.

Akan tetapi, kurang dari 10 persen kucing dan hanya 1 persen anjing yang pernah menyakiti hewan peliharaan lainnya.

Baca juga: 8 Cara Membuat Rumah yang Aman untuk Anak Anjing Baru

Saling akrab untuk kesejahteraan bersama

Ilustrasi anjing dan kucing di halaman rumah. SHUTTERSTOCK/BACHKOVA NATALIA Ilustrasi anjing dan kucing di halaman rumah.

Hall mengatakan penelitian dilakukan untuk mengetahui apa yang membuat hubungan antara kucing dan anjing bahagia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com