Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fakta Menarik Anjing Boston Terrier yang Kerap Disebut Mirip Bulldog

Kompas.com - 24/08/2022, 19:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBoston terrier adalah salah satu anjing yang kerap disebut mirip dengan French bulldog. Padahal, keduanya adalah ras anjing yang berbeda.

Keduanya memang memiliki tampilan yang hampir serupa dan berasal dari nenek moyang yang sama, yakni English bulldog. Kendati demikian, keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan.

Baca juga: Catat, Ini 10 Perbedaan Anjing French Bulldog dan Boston Terrier

Untuk sejarahnya, dilansir dari Rover, Rabu (24/8/2022), pada 1870-an, anjing Boston terrier disilangkan antara English bulldog dan English white terrier yang kini punah.

Selama bertahun-tahun, perkawinan silang antara English bull terrier, Boxer, Pit bull terrier, dan French bulldog, kini menghasilkan anjing Boston terrier yang dikenal sekarang. Boston terrier telah ada sejak 1800-an. Dikuto

Dikutip dari American Kennel Club, (AKC), berikut sejumlah fakta menarik Boston terrier

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Sering Mengeluarkan Air Liur, Apa Saja?

Bagian dari Utility Breed Group

Ilustrasi anjing Boston Terrier.UNSPLASH / Silvana Carlos Ilustrasi anjing Boston Terrier.

Di Inggris, anjing Boston terrier merupakan anggota dari Utility Breed Group bersama dengan French bulldog, Dalmatian, Schnauzer, dan Pudel.

Utility Breed Group adalah kelompok anjing dari berbagai ras. Namun, mereka khusus untuk ras anjing yang pada awalnya dibiakkan untuk tujuan tertentu.

Memiliki pola warna bergaya tuksedo

Anjing Boston terrier memiliki pola warna yang membentuk gaya tuksedo pada tubuhnya. Untuk warna bulunya, datang dalam warna dasar putih dan warna brindle, coklat seal, atau hitam yang melengkapi tampilan tuksedo atau seperti memakai jas. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Anjing Bulldog, dari Sejarah Kelam sampai Sulit Beranak

Termasuk anjing brachycephalic

Ilustrasi ras anjing Boston terrierUnsplash/Tanawadee Supraphakorn Ilustrasi ras anjing Boston terrier

Boston terrier memiliki wajah lebih rata daripada ras anjing lainnya yang membuatnya tergolong sebagai anjing brachycephalic.

Anjing brachycephalic memiliki lubang hidung kecil, langit-langit mulut panjang, dan trakea sempit sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan dan pernapasan. 

Untuk itu, saat cuaca panas, pantau kesehatan anjing lebih rutin karena moncongnya yang pendek dapat membuat Boston terrier kepanasan akibat masalah pernapasan.

Baca juga: 12 Fakta Menarik Anjing French Bulldog, Tidak Berasal dari Perancis

Berorientasi manusia

Boston terrier berorientasi pada manusia, lebih senang bersama pemiliknya, teman bermain yang bersemangat bagi anak-anak, dan teman yang jinak bagi orang tua.

Boston terrier dibiakkan menjadi anjing pendamping dan dapat merasa sedih jika tidak memiliki banyak waktu serta mendapat perhatian dari pemiliknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com