Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2022, 09:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.comDapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang rentan mengalami bau. Misalnya, memiliki aroma amis yang bisa bertahan hingga berjam-jam setelah mengolah dan memasak ikan. 

Selain itu, bau tidak sedap dari dapur juga berasal dari saluran wastafel yang mampet akibat residu makanan serta tempat sampah yang berisi campuran limbah makanan.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian dengan Cuka

Tentunya, keadaan ini dapat membuat siapa pun yang berada di dapur merasa kurang nyaman dan kegiatan memasak tidak maksimal.

Disadur dari The Kitchn, Selasa (9/8/2022), cara menghilangkan bau di dapur ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan cuka putih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak Air di Kloset, Pakai Cuka dan Baking Soda

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.SHUTTERSTOCK/ANDRIANA SYVANYCH Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.

Seorang penulis buku masak, Barbara Costello,  mengungkapkan, trik paling sering ia gunakan untuk menghilangkan bau di dapur adalah menggunakan cuka putih.

Caranya, cukup meletakkan semangkuk cuka putih suling di area dapur yang mengeluarkan bau tidak sedap. 

Nantinya, asam dari cuka putih akan menetralisir bau dan menghilangkannya. Pada akhirnya, udara di dapur akan kembali segar serta harum. 

Baca juga: Cara Menggunakan Cuka untuk Mengusir Semut dan Laba-laba

Apabila pada keesokan harinya masih tercium bau di dapur, cobalah membuat rebusan air dengan potongan lemon.

Celupkan potongan lemon ke dalam panci berisi air, lalu masak air hingga mendidih atau matang. Uap dari lemon ini akan menghilangkan bau di dapur sembari mengharumkan ruangan. 

Nah, itu dia cara menghilangkan bau di dapur dengan cuka putih. Selamat mencoba! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com