Kompas.com - 09/08/2022, 07:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Hampir setiap jenis hewan peliharaan berbulu perlu dimandikan untuk menjaga kesehatannya seperti kucing dan anjing.

Sebab, bulu yang kotor dapat mengembangkan penyakit kulit yang mempengaruhi kesehatannya. 

Namun, apakah hal ini berlaku untuk hamster? Apakah hamster boleh dimandikan menggunakan air dan sabun layaknya kucing dan anjing?

Baca juga: Hamster Peliharaan Bersin? Ketahui 4 Alasannya

Apakah hamster boleh mandi?

Ilustrasi Syrian HamsterUnsplash/Andy Holmes Ilustrasi Syrian Hamster

Disadur dari Omlet, Selasa (9/8/2022), hamster berbeda dengan jenis hewan peliharaan lainnya karena tidak perlu dimandikan dengan air dan sabun.

Kamu hanya perlu membilas bulunya menggunakan air jika ada sesuatu yang menempel atau kotor. Sebab, sesuatu yang beracun pada bulu hamster bisa menyebabkan masalah serius.

Baca juga: Penyebab Hamster Menggigit Pemiliknya dan Cara Mengatasinya

Layaknya kucing, hamster juga senang merawat diri sendiri menggunakan lidah. Jadi, kesehatannya bisa terancam jika sesuatu yang beracun masuk ke tubuh hamster.

Ketika hendak membersihkan bulu hamster, gunakan sedikit air hangat dan gosok dengan lembut pada area yang kotor. Jangan pernah merendam hamster karena dapat dengan mudah membuatnya tenggelam. 

Baca juga: Penyakit Ekor Basah pada Hamster: Penyebab, Gejala, dan Penanganannya

Bantu hamster membersihkan bulunya

Dikutip dari PetMD, meski suka membersihkan diri sendiri, hamster juga tetap membutuhkan bantuan pemiliknya.

Misalnya, membersihkan area bokong untuk mencegah kotoran yang menempel, mengerak, dan membersihkan noda urine. 

Sebab, membiarkan bokong hamster tetap kotor dapat menyebabkan masalah saluran kemih atau reproduksi. Gunakan kain lap yang telah direndam dalam air hangat untuk membantu membersihkan hamster. 

Baca juga: Simak, Ini Panduan Membersihkan Kandang Hamster

Bagaimana jika kandangnya bau?

Kandang hamster memiliki bau tidak sedap yang disebabkan oleh bau badan hamster. Akan tetapi, bau biasanya berasal dari tempat tidur hamster yang sudah harus diganti dan bau urine kering.

Untuk mengatasinya, lakukan membersihkan kandang hamster secara rutin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PetMD


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.