Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Kerak Air di Kloset, Pakai Cuka dan Baking Soda

Kompas.com - 23/07/2022, 15:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beberapa lama, seringkali muncul kerak air di kloset. Warna kerak air di kloset ini bisa kecoklatan hingga hitam, membuat tampilan kloset menjijikkan dan tidak sedap dipandang.

Penggunaan pembersih biasa dan sikat kloset untuk menghilangkan kerak air bisa dengan cepat menghilangkan noda. Akan tetapi, noda atau kerak yang sudah ada selama beberapa minggu, bulan, atau tahun akan jauh lebih membandel.

Apa penyebab kerak air di kloset?

Dikutip dari Lifehacker Australia, Sabtu (23/7/2022), beberapa air dapat mengandung mineral terlarut seperti kalsium, magnesium, dan zat besi.

Baca juga: Ketahui, Ini Posisi Meletakkan Kloset di Kamar Mandi

Ilustrasi kloset, ilustrasi kamar mandi, ilustrasi penyedot kloset.SHUTTERSTOCK / ID1974 Ilustrasi kloset, ilustrasi kamar mandi, ilustrasi penyedot kloset.

Saat air mengering di permukaan seperti keran wastafel krom, air sering kali meninggalkan noda putih berkapur, yang secara teknis merupakan endapan mineral.

Residu itu juga bisa berakhir di bagian kloset yang kering. Akan tetapi, jika kloset berwarna putih, Anda mungkin tidak menyadarinya.

Jauh lebih sulit untuk mengabaikan cincin atau noda berwarna cokelat atau karat, yang biasanya disebabkan oleh senyawa besi atau mangan dalam air Anda.

Cara menghilangkan kerak air di kloset

Ada beberapa cara menghilangkan kerak air di kloset. Anda dapat menggunakan cuka, baking soda, citric acid, hingga batu apung.

Baca juga: Tikus Muncul di Lubang Kloset? Ini Hal yang Harus Dilakukan

1. Cuka dan baking soda

Tuangkan sekitar 1 cangkir cuka putih ke kloset di atas noda. Taburkan 1 cangkir baking soda di atas noda di mangkuk, diikuti dengan secangkir cuka lagi.

Biarkan mendesis selama 10 sampai 15 menit. Campurkan larutan cuka atau soda kue dengan sikat kloset, gunakan untuk menggosok mangkuk kloset.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com