Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2022, 22:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ingin mengajak bermain kucing peliharaan, tidak jarang pemiliknya merasa bingung lantaran sulit menemukannya. 

Hal ini bukan sesuatu yang aneh karena kucing adalah hewan yang senang bersembunyi atau mengumpat. Mereka bisa bersembunyi di mana saja, entah itu di balik sofa ruang keluarga, belakang pot tanaman, maupun lemari pakaian, 

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Tidak Takut Air dan Bisa Berenang

Lantas, mengapa kucing senang bersembunyi? Apakah perilaku ini diturunkan dari nenek moyang atau ada hal yang membuatnya takut? 

Perilaku naluriah

Ketika kucing menatap kita tanpa berkedip sambil bersembunyi, itu tanda kucing tengah ketakutan.Unsplash/Mikhail Vasilyev Ketika kucing menatap kita tanpa berkedip sambil bersembunyi, itu tanda kucing tengah ketakutan.

Disadur Cuteness, Senin (1/8/2022), bersembunyi adalah perilaku alami yang biasa dilakukan kucing, baik kucing liar maupun domestik. Sebagian besar hal ini dilakukan sebagai upaya untuk tetap aman dari potensi bahaya.

The Library of Congress menjelaskan, taktik bertahan hidup ini bisa dilacak kembali ke nenek moyang kucing peliharaan yang diyakini sebagai kucing liar atau macan tutul Afrika Utara atau Asia Tenggara. 

Baca juga: Asal Usul Takhayul Kucing Hitam yang Dianggap Bawa Sial dan Faktanya

Secara alami, kucing liar mencari perlindungan di sarang. Ini membuatnya tidak terlihat dan terjangkau pemangsa serta melindunginya dari kondisi cuaca buruk.

Untuk kucing rumahan sendiri, tentunya mereka menghadapi bahaya lebih kecil daripada nenek moyangnya dan kucing liar.  

Meski demikian, menurut The Humane Society, kucing peliharaan tetap mencari perlindungan dari pemicu stres seperti suara keras, tamu, atau perjalanan ke tempat yang kurang menyenangkan. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Persia Populer dan Banyak Dipelihara

Sakit

Ilustrasi kucing takut, kucing pemaluPIXABAY/DAGA_ROSZKOWSKA Ilustrasi kucing takut, kucing pemalu

Alasan lain kucing bersembunyi adalah mengalami. Ini dilakukan untuk menghemat energi dan beristirahat tenang. 

 Nah, jika kucing peliharaan tiba-tiba bersembunyi, cobalah melakukan pemeriksaan kesehatan dokter hewan, terutama bila turut menunjukkan gejala penyakit umum. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kucing Hitam, Ternyata Bawa Keberuntungan

Adapun beberapa gejala penyakit umum mencakup peningkatan atau penurunan nafsu makan, perubahan tingkat energi, vokalisasi tiada henti, perubahan bau napas, atau perubahan warna gusi.

Sementara untuk kucing yang tiba-tiba bersembunyi,tetapi dalam keadaan sehat, biarkan mereka sendiri dan beri waktu untuk keluar sendirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com