Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 6 Area Terbaik Memasang CCTV di Rumah

Kompas.com - 20/07/2022, 21:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap rumah memiliki kondisi dan desain yang berbeda, tetapi semua layak dilindungi dari berbagai aksi kejahatan. 

Salah satu cara efektif melindungi rumah dan meningkatkan keamanan adalah memasang CCTV atau kamera keamanan. 

Baca juga: Ketahui, Ini Plus Minus Memasang CCTV di Rumah Sebelum Membeli

Kamera CCTV dapat memberi rasa aman karena membuat Anda memberikan perhatian ekstra pada properti setiap saat meski sedang berada di luar. 

Tak heran, CCTV saat ini merupakan produk keamanan yang sangat penting dan harus dimiliki setiap pemilik rumah. Anda tidak dapat meninggalkan rumah dan anggota keluarga begitu saja tanpa jaminan.

Ada banyak manfaat memasang CCTV di rumah, dari melindungi rumah, mencegah penyusup atau maling, mengawasi orang, merekam adegan, bahkan dapat menjadi alat bukti dalam kasus hukum.

Namun, memasang CCTV penting diperhatikan. Kamera CCTV harus dipasang di area-area tepat di rumah untuk mendapatkan hasil maksimal.

Nah, dilansir dari CNET, Rabu (20/7/2022), berikut enam area terbaik memasang CCTV di rumah

Baca juga: Ingin Pasang CCTV di Rumah? Ini yang Harus Diperhatikan 

Pintu depan rumah 

Ilustrasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.Shutterstock/Breadmaker Ilustrasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.

Banyak orang berasumsi penyusup selalu menyelinap melalui pintu samping, tetapi statistik dari Association of Certified Home Inspectors atau Asosiasi Internasional Inspektur Rumah Bersertifikat menunjukkan 34 persen pencuri menggunakan pintu depan rumah

Itu juga tempat pencuri paket cenderung menyerang. Memasang CCTV di pintu depan rumah dapat mengawasi semua orang yang keluar masuk rumah, dari anggota keluarga, tamu, kurir atau pengantar barang, hingga orang asing atau penyusup. 

Baca juga: 5 Lokasi Paling Strategis untuk Memasang Kamera CCTV di Rumah

Pintu belakang dan samping rumah 

Pintu yang tidak terlihat memungkinkan orang asing dan penyusup dapat masuk ke rumah tanpa terdeteksi.

Statistik NACHI menunjukkan 22 persen pembobolan terjadi melalui pintu belakang. Untuk itu, sebaiknya pasang CCT di pintu belakang dan samping rumah, terutama jika lebih sering digunakan daripada pintu depan rumah atau tampak sangat menarik atau dapat diakses  penyusup potensial. 

Baca juga: Tips Merawat CCTV agar Berfungsi Maksimal dan Awet

Garasi dan jalan masuk

Ilustrasi garasi, ilustrasi pintu garasi. Shutterstock/karamysh Ilustrasi garasi, ilustrasi pintu garasi.
Garasi merupakan salah satu area terbaik memasang CCTV di rumah. Sebab, ini adalah target umum pencuri karena merupakan salah satu titik masuk terlemah.

Memasang CCTV di garasi dapat mengawasi mobil, motor, sepeda, dan peralatan yang disimpan di sana. Jika garasi terpisah dari rumah, memasang CCTV dapat membantu Anda tetap terhubung dan mengawasinya.

Memasang CCTV di garasi memberikan keamanan tambahan guna memantau pintu masuk lain ke rumah Anda seperti jalan masuk sehingga bisa melihat siapa saja yang mencoba masuk ke properti Anda. 

Baca juga: 7 Tempat Terbaik untuk Memasang CCTV di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com