Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Lemari Pakaian Berjamur dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 12/07/2022, 08:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari pakaian adalah salah satu area di rumah yang dapat dengan mudah berjamur. Ketika lemari berjamur, maka akan menimbulkan masalah seperti bau tidak sedap hingga pakaian menjadi kotor dan bahkan rusak.

Dilansir Hunker, Selasa (12/7/2022), ada berbagai penyebab lemari pakaian berjamur. Spora jamur membutuhkan kelembapan untuk tumbuh, jadi Anda mungkin memiliki terlalu banyak kelembapan di lemari pakaian jika Anda melihat jamur.

Menemukan penyebab lemari berjamur membantu Anda memperbaiki masalah agar tidak kembali.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur di Dinding Kamar Mandi sampai ke Akarnya

Ilustrasi lemari pakaian, Ilustrasi lemari pakaian anak.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi lemari pakaian, Ilustrasi lemari pakaian anak.

1. Pipa atau plafon bocor

Karena spora jamur membutuhkan kelembapan untuk tumbuh, kebocoran air sering kali menjadi penyebab ketika Anda menemukan pertumbuhan jamur.

Air bisa berasal dari kebocoran pipa di pipa yang mengalir di belakang dinding, di bawah lantai, atau di atas langit-langit lemari pakaian.

Anda mungkin juga mendapatkan kelembapan dari kebocoran atap yang merembes ke area lemari pakaian. Anda mungkin tidak melihat kebocoran sampai jamur mulai tumbuh.

Cari tanda-tanda kerusakan air, seperti bekas air atau drywall lembap.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Jika terjadi kebocoran pipa, Anda mungkin melihat peningkatan konsumsi air atau penurunan tekanan air di seluruh rumah. Perbaiki kebocoran pipa atau kerusakan atap segera untuk menghentikan air masuk ke lemari pakaian.

2. Kondisi lembap secara umum

Jika Anda tinggal di iklim yang lembap atau rumah Anda secara umum sangat lembap, hal itu dapat meningkatkan kemungkinan jamur di lemari pakaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com