Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2022, 13:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak meja berlapis kaca, seperti meja makan, meja kopi, hingga meja kerja, memiliki bumper atau bantalan karet untuk menjaga bagian atasnya tidak bergeser begitu diletakkan pada bingkai.

Namun, ada beberapa meja kaca yang tidak memiliki bemper sehingga membuatnya mudha bergeser. Menjaga meja kaca tidak bergeser atau berada pada posisi awal tampak sedikit menjengkelkan, terlebih saat menggunakan meja. 

Baca juga: 3 Material Pengganti Meja Kaca yang Pecah

Ditambah, meja kaca yang bergeser ini berisiko membuat kaca terjatuh, yang akhirnya menyebabkannya pecah. Untuk itu, Anda perlu membuat bumper karet sendiri demi mencegah kaca pada meja bergeser. 

Dilansir dari Hunker, Senin (30/5/2022), berikut cara memasang bumper karet pada meja kaca agar tidak bergeser. 

Lepaskan kaca dari meja

Ilustrasi meja kerja kaca, Ilustrasi meja kaca.Shutterstock/FabrikaSimf Ilustrasi meja kerja kaca, Ilustrasi meja kaca.
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengangkat bagian kaca dari alas atau permukaan meja, lalu sandarkan ke dinding sehingga bagian bawah kaca menghadap keluar. 

Baca juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Meja Kaca 

Bersihkan meja kaca  

Tuangkan sedikit cuka putih atau alkohol gosok ke kain lembut yang tidak berbulu. Setelah itu, seka bagian bawah permukaan kaca dengan kain lembap, terutama pada area yang memiliki bantalan karet untuk menghilangkan debu dan residu berminyak yang dapat mencegah bumper menempel. 

Setelah kaca mengering, letakkan kaca kembali di atas meja, tetapi dengan sisi bawah kaca menghadap ke atas. Sejajarkan kaca sehingga berada pada posisi yang tepat dalam kaitannya dengan alas. 

Namun, apabila kaca meja bundar dan lebih besar dari alas meja, pasang bagian atas meja setinggi mungkin. 

Baca juga: Tips Membersihkan Meja Kaca dari Noda Bintik Putih yang Membandel

Pasang bantalan karet 

Ilustrasi meja kaca, ilustrasi dapur, ilustrasi meja makan.SHUTTERSTOCK / adpePhoto Ilustrasi meja kaca, ilustrasi dapur, ilustrasi meja makan.
Lepas satu bantalan karet dari kertas belakang dan tempelkan bumper ke permukaan kaca yang akan diletakkan. Untuk memudahkan, lihat pedoman pemasangan kaca. 

Ulangi proses ini dengan memasang bantalan yang lainnya. Jangan lupa memberi jarak yang sama dari bumper sebelumnya. 

Jika alas atau meja berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang, setiap alas diletakkan di sepanjang sudut datar bingkai meja. Tekan bantalan ke bawah dengan kuat untuk memastikannya menempel pada kaca. 

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Meja Kayu vs Meja Kaca

Pasang kaca

Balikkan bagian atas meja dan letakkan pada meja, sejajarkan bantalan dengan bagian atas alas. Mintalah bantuan teman jika permukaan meja besar, canggung, atau berat. 

Apabila kaca sudah diletakkan ke meja, artinya pekerjaan yang Anda lakukan telah selesai atau berhasil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com