Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meletakkan TV

Kompas.com - 19/05/2022, 07:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membeli TV yang sesuai dengan kebutuhan anggaran serta ruangan di dalam rumah, Anda harus memerhatikan penempatan TV.

Sebelum Anda terburu-buru menempatkan TV di dinding, berhati-hatilah dalam penempatannya, karena penempatan yang salah bisa mengurangi kinerja TV secara signifikan.

Dilansir Cnet, Kamis (19/5/2022), ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak meletakkan TV, seperti berikut ini. 

Baca juga: Tahan Dulu, Jangan Membeli TV Jika Belum Mengetahui 6 Hal Ini

Ilustrasi televisi gantung, ilustrasi tv gantung.SHUTTERSTOCK / Dariusz Jarzabek Ilustrasi televisi gantung, ilustrasi tv gantung.

1. Periksa ketinggian TV

Meskipun tidak ada ketinggian yang ditetapkan untuk penempatan TV, idealnya Anda tidak boleh menempatkannya terlalu tinggi, karena tidak ideal, tidak nyaman dan tidak kondusif untuk sesi menonton yang lama.

Secara umum, Anda harus meletakkan TV setinggi mata, atau bahkan sedikit lebih rendah. Hal ini berlaku saat Anda memasang TV atau meletakkannya di dudukan.

2. Periksa jarak dari sofa ke TV

TV yang diletakkan berjarak sesuai dengan pandangan, memiliki dua manfaat yakni dapat mengisi lebih banyak bidang pandang Anda sehingga lebih imersif, dan Anda dapat melihat lebih banyak resolusi atau gambar lebih detail. 

Jika Anda merasa kurang jelas atau nyaman saat TV diletakkan agak jauh, Anda bisa mendapatkan TV yang lebih besar sebagai alternatif. 

Baca juga: 4 Keuntungan Memiliki TV LED, Salah Satunya Hemat Energi

3. Perhatikan pantulang cahaya 

Pencahayaan dan pantulan ruangan adalah faktor yang membuat TV tidak terlihat dengan jelas. Faktanya, hampir setiap TV modern memiliki layar reflektif, dan ini akan memantulkan cahaya yang ada di sekitar TV.

Dengan demikian, meletakkan TV di area yang tidak silau menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Tentu, Anda bisa mematikan lampu atau menutup tirai, tetapi terkadang itu tidak mudah atau tidak mungkin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com